Gaya Hidup Terkini Agar Jantung Lebih Sehat

Gaya Hidup Terkini Agar Jantung Lebih Sehat

Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang harus dijaga dengan baik karena jantung memiliki peranan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika organ dalam tubuh tersebut tidak sehat maka akan berpengaruh pada aktivitas yang Anda jalankan setiap harinya. Gaya hidup terkini ini bisa membantu Anda untuk tetap memiliki jantung yang sehat walaupun Anda akan memasuki usia senja.

Gaya Hidup Terkini Agar Jantung Lebih Sehat

Cara paling mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap aktif bergerak. Hindari untuk berdiam diri terlalu lama misalnya duduk secara terus menerus sehingga jantung tidak melemah. Anda bisa mencoba untuk latihan aerobik selama 30 menit per 5x dalam 1 minggu. Selain itu, Anda juga bisa untuk bergerak seperti membersihkan rumah, berkreasi dengan barang bekas.

 

Kedua adalah membatasi konsumsi garam, daging merah, gula serta makanan yang mengandung lemak tidak sehat seperti junk food. Walaupun makanan tidak akan terasa enak dan seperti ada yang kurang jika kurang garam, namun Anda bisa mencoba gaya hidup terkini ini dengan sedikit demi sedikit mengurangi asupan sodium untuk mengurangi resiko terserang penyakit tekanan darah seperti hipertensi yang bisa memicu serangan jantung. Sedangkan makanan/minuman yang mengandung gula, lemak jenuh ataupun jenis daging jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas, tekanan darah yang naik dan resiko adanya penyumbatan pembuluh darah karena lemak dan kolesterol juga akan lebih tinggi. Anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung serat dan bagus untuk kesehatan jantung.

 

Ketiga adalah berhenti merokok dan minuman keras. Walaupun minuman keras seperti vodka, beer ataupun wine memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Sedangkan jika Anda merokok, tidak hanya bisa merusak paru-paru namun juga akan berpengaruh pada kesehatan jantung dan gangguan tubuh yang lainnya misalnya impotensi.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

 Gaya hidup terkini yang lainnya yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari, adalah:

 

  • Jangan lupa untuk memeriksakan diri Anda seperti untuk mengetahui tingkat kolesterol, tekanan darah dan gula dalam tubuh Anda sehingga Anda bisa mengubah daya hidup Anda agar lebih sehat.

  • Menjaga berat badan ideal yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Hal itu disebabkan karena obesitas bisa meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung, diabetes ataupun gagal jantung.

  • Makan makanan sehat yang bagus untuk jantung.

  • Mengurangi stress. Walaupun Anda mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang bagus untuk jantung namun jika Anda stress bahkan masuk ke tingkat depresi, hal tersebut akan meningkatkan resiko kuat terjadinya serangan jantung terutama untuk perempuan. Anda bisa mengakali untuk mengurangi stress dengan cara yoga, mediasi, mendengarkan lagu kesukaan Anda, traveling atau berlibur ataupun tersenyum dan tertawa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *