Mengisi Hari Dengan Kegiatan Positif Untuk Orang Lanjut Usia

Mengisi Hari Dengan Kegiatan Positif Untuk Orang Lanjut Usia

Memasuki usia lanjut mungkin anda akan kebingungan untuk mengisi waktu melalui kegiatan positif bagi lansia itu seperti apa. Diusia ini orang tua sering berpikir bahwa kegiatan yang dijalani sangatlah monoton. Mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan berebah di rumah atau sekedar menjaga cucu di rumah. Padahal mereka juga membutuhkan kegiatan yang variatif agar tidak bosan menjalani hari. Namun kegiatan yang dilakukan juga dilakukan sesuai dengan minat dan yang terpenting lagi adalah kondisi kesehatan mereka. Kegiatannya tidak hanya untuk merangsang untuk menenangkan pikiran, tapi juga menjaga keseimbang mental dari orang yang berusia lanjut tersebut. Berikut ini kegiatan positif yang bisa anda lakukan saat usia anda memasuki usia lanjut:

Mengisi Hari Dengan Kegiatan Positif Untuk Orang Lanjut Usia

  • Olahraga ringan

Usia berapa pun anda disarankan untuk bergerak atau melakukan olahraga secara terartur. Dengan tubuh sehat, mereka dapat melakukan aktivitas yang mereka sukai. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, tai chi, golf, berenang, atau dansa. Dansa merupakan olahraga yang memiliki unsur fun, selain baik untuk memperlancar sirkulasi darah dan merangsang otak agar tetap aktif.

  • Menghangatkan nostalgia

Sebagian besar banyak orang tua yang terpisah dari kelompok pertemannya di kantor. Agar tidak merasa kesepian mungkin anda bisa menjalin kembali pertemanan dengan teman sekolah atau kuliah anda. Dengan aktivitas ini anda bisa berbagi kesenangan melalui kegiatan seperti reuni, arisan, atau wisata religi. Kegiatan bersosialisasi bagi para orang tua usia lanjut sama pentingnya seperti latihan fisik. Dengan bersosialisasi anda akan mendapatkan dampak positif terhadap kondisi kesehatan dan kebahagian. Jika mereka aktif bergaul, mereka akan merasa senan dan punya teman, sehingga kecenderungan depresi karena rasa kesepian berkurang.

  • Menyalurkan hobi

Mungkin pada saat mereka kecil yang tidak sempat menekuni hobinya, sekarang pekerja bisa mengikuti workshop yang sesuai dengan hobi mereka sebagai kegiatan positif yang dapat dilakukan. Contohnya melukis, dansa, memasak, atau membuat kerajinan tangan (merajut, merangkai bunga, dll). Seseorang yang menyukai traveling bisa mengikuti komunitas atau agen perjalanan yang sudah ada. Beberapa negara mempunyai agen perjalanan menyediakan layanan  day trip bagi para wisatawan yang datang ke negara tersebut dan ingin mengelilingi kota yang didatangi.

  • Hiburan di waktu senggang

Pada jaman sekarang kita tidak memiliki waktu senggang yang banyak karena kesibukan dalam pekerjaan. Jika para pekerja memilki waktu senggang mereka melakukan hiburan yang bisa dilakukan di rumah mulai dari mengerjakan tugas-tugas rumah tangga yang ringan, membaca, menulis, atau bermain games yang bisa merangsang kerja otak. Kita bisa juga bermain komputer dengan mencari informasi-informasi yang bermanfaat seperti mencari resep-resep masakan atau yang lainnya.

Baca juga: Kegiatan Positif Sederhana Berikut Ini Bisa Jadikan Anda Orang Sukses

Lumayan sudah jelas bukan, dengan uraian beberapa tips yang bagus untuk dilakukan di atas semoga bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *