Mari Coba Membentuk Aktivitas Rutin Harian

Mari Coba Membentuk Aktivitas Rutin Harian

Aktivitas rutin yang akan kita jalani akan sangat membantu agar anda melakukan tugas dengan baik. Semakin baik anda menjalankan kegiatan harian secara rutin, semakin terbiasa anda dalam melakukan tugas dan semakin memotivasi diri sendiri. Bagian yang sulit adalah membentuk aktivitas yang dilakukan setiap hari. Jika anda merasa kesusahan dalam menjalani tugas harian secara teratur, mulailah melakukan perubahan kecil dan berusahalah mencari tahu kendalanya.

Mari Coba Membentuk Aktivitas Rutin Harian

Untuk memulai membentuk aktivitas rutin yang anda lakukan. Pertama,luangkan waktu untuk mulai mencatat semua kegiatan sehari – hari secara detail. Gunakan agenda, buku catatan, atau aplikasi kalender di ponsel. Tulislah waktu untuk memulai dan menyelesaikan setiap kegiatan sebera pun kecilnya. Dengan demikian akan terbentuk sebuah daftar kegaiatan yang menunjukan segala aktivitas yang anda lakukan sepanjang hari.

Sebisa mungkin catat seluruh kegiatan anda selama seminggu sehingga anda dapat menjadwalkan ulang aktivitas anda di kemudian hari. Kedua, untuk menyusun aktivitas rutin dengan memilih kegiatan yang telah berjalan. Lalu amati daftar tersebut lalu persingkat dengan mencoret dari daftar kegiatan yang kurang berguna seperti menunda pekerjaan atau menggunakan sosial media. Gantilah kegiatan yang telah dicoret dengan aktivitas yang lebih bermanfaat, misalnya bekerja, belajar, membaca, atau aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

Baca juga: Berikut 4 Bentuk Aktifitas Rutin Pagi Hari Yang Menyehatkan

Setelah seminggu, gunakan jadwal yang telah anda tulis atau catat untuk menyusun aktivitas rutin yang akan diterapkan. Anda bebas menentukan urutan kegiatannya selama durasi yang dibutuhkan tidak diubah. Jika ada kegiatan baru yang ingin anda masukan ke dalam jadwal, perkirakan durasinya lalu tambahkan 1/3 dari waktu yang dibutuhkan. Agar tetap waspada dan bisa bekerja dengan optimal, orang dewasa memerlukan jam tidur malam selama 7 – 8 jam perhari. Dan untuk anak – anak dan remaja biasanya harus tidur malam sedikitnya selama 9 jam.

Jadwalkan waktu pergi tidur dan bangun pagi sesuai kebutuhan agar rutinitas harian anda dapat berjalan baik. Jika draf daftar telah terisi penuh hanya oleh kegiatan sejak bangun pagi hingga tidur malam. Ini akan membuat anda kelelahan atau menyerah akan jadwal anda. Sebisa mungkin sediakan waktu selama 30 hingga 60 menit untuk menyantaikan diri dan beberapa kali beristirahat selama 5 – 15 menit di sela – sela kegiatan yang utama.

Setelah telah tersusun rapi, ujilah selama sehari jadwal aktivitas rutin anda. Jika ada dirasa kurang segeralah catat perubahan dan alasannya. Kemudian anda dapat menjadwal ulang yang disesuaikan lagi dengan catatan yang telah anda tulis. Selama sebulan setiap akhir hari sediakan waktu untuk meninjau lagi jadwal yang telah disusun. Jika ada perkiraan waktu yang tidak sesuai realita, tambahkan durasinya dan kurangi waktu untuk kegiatan yang tidak diperlukan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *