Mengenal Anti Sosial Bagi Kalian Yang Awam

Mengenal Anti Sosial Bagi Kalian Yang Awam

Anti sosial yang pada bahasa Ilmiah disebut dengan Antisocial personality. Merupakan perilaku atau sikap pada diri seseorang yang tidak sesuai dengan norma atau hukum yang berlaku dalam masyarakat. Sikap anti sosial sering ditunjukkan dengan sikap tanpa bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia lakukan. Orang – orang yang memiliki kepribadian tersebut pada umumnya sering melanggar hukum atau norma yang berlaku di masyarakat. Seseorang yang mengidap penyakit ini pada umumnya suka menyendiri dibandingkan harus berkumpul atau berada di tempat ramai. Sikap ini dinilai sebagai suatu bentuk sikap yang tidak sesuai dengan norma dan nilai masyarakat pada umumnya.

Mengenal Anti Sosial Bagi Kalian Yang Awam

Orang yang memiliki sikap antisosial ini mudah dikenali dengan memperhatikan ciri – ciri sikap sebagai berikut:

  • Memiliki ego yang tinggi

Dengan ego yang tinggi orang anti sosial sulit untuk berubah. Mereka cenderung memaksa orang lain untuk memahami dan mengerti diri mereka tanpa peduli dengan pendapat orang lain.

  • Jarang berbicara

Orang yang memiliki penyimpangan ini akan jarang sekali berbicara kepada orang lain. Hal ini dikarenakan ketidaktertarikkan untuk berbicara atau berinteraksi dengan orang lain.

  • Tidak meminta bantuan

Mereka juga hampir tidak pernah meminta bantuan kepada orang lain. Apabila mereka memiliki masalah, maka mereka sangat enggan meminta bantuan dan lebih suka menyelesaikannya secara pribadi. Mereka beranggapan bahwa mereka mampu menyelesaikan semua masalah tanpa bantuan orang lain.

  • Tidak mempunyai sikap dominan

Mungkin pada umumnya orang – orang berlomba untuk menjadi suatu prioritas atau nomer pertama disegala hal. Hal ini terbalik bagi mereka anti sosial, mereka lebih menjadi penonton dan menyaksikan kehidupan tersebut tanpa harus menjadi bagian atau terlibat dalam hal tersebut.

  • Lebih suka menyendiri

Menyendiri merupakan sikap yang paling terlihat. Hampir seluruh pasien suka menyediri. Mereka beranggapan bahwa menyendiri itu lebih menyenangkan karena terbebas dari gangguan orang lain.

Baca juga: Mengenal Kepribadian Anti Sosial Yang Ternyata Membahayakan

Sikap penderita anti sosial  memiliki bentuk yang dapat kita bedakan atas beberapa macam berdasarkan penyebabnya antara lain:

  • Penyimpangan individual

Penyimpangan ini terjadi disebabkan oleh diri sendiri. Faktor – faktor tersebut sepeprti pembawaan, penyakit, kecelakaan yang dialami, dan pengaruh sosiokultural yang bersifat unik. Bentuk – bentuk sikap yang ditunjukan seperti membandel, membangkang, melanggar, dan penjahat.

  • Penyimpangan situasional

Penyimpangan karena adanya pengaruh kekuatan situasi baik dari luar atau dari dalam diri individu tersebut. Bentuk sikapnya seperti bertingkah laku kasar, tekanan batin pada perempuan saat mengalami masa menopause, dan lain sebagainya.

  • Penyimpangan biologis

Penyimpangan ini dikarenakan adanya faktor pembatas yang tidak memungkinkan terjadi dalam memberikan persepsi atau menimbulkan respons tertentu. Diferensiasi yang terjadi akan menyebabkan sikap antisosial seperti egoism, rasisme, rasialisme, dan stereotip,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *