Gaya Hidup Terkini Di Masyarakat Era Sekarang

Gaya Hidup Terkini Di Masyarakat Era Sekarang

Di zaman yang serba instan dan modern ini, mengubah masyarakat untuk mengikuti gaya hidup terkini yang ada disekitar. Untuk itu masyarakat saat ini lebih berprilaku lebih konsumtif khususnya masyarakat urban atau masyarkat yang  tinggal dan hidup di perkotaan. Gaya hidup yang menonjolkan segala sesuatu yang ia miliki, kesenangan, dan aktifitas berfoya – foya banyak dianut kalangan hedonis. Hedonis sendiri merupaka seseorang yang memiliki keyakinan atau anggapan bahwa kebahagian harus dicari sebanyak mungkin dan sebisa mungkin menghindari perasan – perasaan yang menyakitkan.

Gaya Hidup Terkini Di Masyarakat Era Sekarang

Gaya hidup terkini dipengaruhi oleh semakin tingginya penghasilan yang dimiliki. Bahkan tidak jarang mereka rela berhutang untuk memenuhi gaya hidupnya.Kita dapat dikategorikan sebagai penganut hedonisme jika mereka mereka melakukan aktivitas fisik berupa mengejar modernitas, menghabiskan banyak uang, dan waktu yang dimiliki. Semua hal tersebut dilakukan untuk memenuhi segala sesuatu yang diinginkan.

Namun tingkah laku tersebut lebih ditekankan pada unsur kesenangan seperti  makanan, barang mewah, tempat nongkrong, dan pakaian. Gaya hidup konsumtif tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup hedonism yang dianut. Di sisi lain pola dan gaya hidup konsumtif memberikan kenikmatan serta kepuasan baik secara fisik maupun psikologi. Disaat kita masih mampu untuk membeli yang kita inginkan ( daya beli), kita masih mampu membeli segala sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan. Tanpa disadari sikap ini akan membentuk karakter yang susah dihilangkan.

Sekarang ini hedonisme sendiri bukan hanya terjadi di orang dewasa, gaya hidup terkini itu sudah menjangkit para remaja. Faktor yang mempengaruhi remaja memiliki sikap hedonis adalah faktor lingkungan.  Kebiasaan hidup dan tingkah laku dari orang tua, teman, atau publik figure yang berpengaruh di layar televisi. Keenganan orang tua masa kini untuk menanamkan nilai – nilai agama, norma, maupun nilai sosial masyarakat . Ini yang menjadikan para remaja kehilangan pegangan hidup saat berada di masyarakat.

Remaja atau anak akan tumbuh berkembang cenderung akan mengikuti gaya hidup yang ada di masyarakat. Hal tersebut dapat menjerumuskan kepada gaya hidup hedonisme. Selain itu, pengaruh lain yang dapat mempengaruhi para remaja adalah bacaan dan hal yang ditonton. Hal tersebut dapat mencuci pemikiran remaja secara mudah untuk bertingkah atau bersikap hedonisme. Apalagi zaman sekarang dengan kemudahaan teknologi untuk mengakses internet sesuatu hal berbau hedonisme.

 Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Melalui internet remaja dengan mudah melihat gaya hidup gaya kehidupan orang barat yang sangat bertolak belakang dengan adat ketimuran yang dianut di Indonesia. Oleh karena itu sudah seharusnya bagi setiap orang tua mulai membentengi anak – anak mereka sejak dini dengan perhatian yang lebih khusus. Selain di sekolah, orang tua juga perlu menanamkan nilai – nilai sesuatu dengan kepribadian masyarakat bangsa Indonsia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *