Tips Melakukan Gaya Hidup Agamis dengan Mudah

Tips Melakukan Gaya Hidup Agamis dengan Mudah

Perkembangan gaya hidup agamis yang semakin berkembang pesat di masyarakat sayangnya tidak diimbangi dengan perilaku yang sesuai dengan ajaran. Hal ini justru membuat miris sekaligus menimbulkan permasalahan-permasalahan baru di tengah masyarakat. Beberapa permasalahan tersebut justru semakin memperparah keadaan dan menjauhkan diri dari tuntunan.

Tips Melakukan Gaya Hidup Agamis dengan Mudah

Masalah Kehidupan yang Berkembang Saat Ini

Semakin banyak perubahan yang terjadi dalam hidup ini diiringi dengan perkembangan teknologi yang cukup canggih. Tidak hanya pengaruh baik yang menyertainya melainkan pengaruh buruk pun tidak dapat terelakan lagi. Pengaruh buruk ini sangat berdampak bagi gaya hidup seseorang. Yang sangat mengkhawatirkan adalah lahirnya perilaku-perilaku yang sangat bertentangan dengan ajaran agama. Seperti halnya melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis tanpa ada sedikit keraguan di dalam hati. Seolah-olah apapun yang mereka lakukan tidak pernah diawasi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kehidupan yang dipenuhi dengan rasa syukur pun lama-kelamaan mulai terkikis oleh perkembangan zaman. Terbukti dengan semakin maraknya tindak pidana pencurian, perampokan atau bahkan merampas sesuatu yang bukan menjadi haknya. Kegiatan merampas barang atau harta orang lain tersebut kadang kala harus memakan korban jiwa baik korban luka maupun korban nyawa. Banyak orang yang berlomba-lomba menampilkan gaya hidup mewah walaupun sebenarnya kegiatan tersebut sangatlah membebani diri sendiri. Tak ayal mereka pun harus melakukan segala cara untuk membohongi orang-orang sekitar, bahkan terkadang harus membohongi diri sendiri dengan melakukan hal yang bertentangan dengan ajaran agama. Sungguh ironis bukan? Dikarenakan beberapa kegiatan di atas justru sangatlah jauh dari gaya hidup agamis yang seharusnya.

Cara Menghadapi Permasalahan Gaya Hidup Modern

Semakin berkembangnya gaya hidup modern yang bertentangan dengan ajaran agama sudah sepantasnya Anda sebagai makhluk beragama memiliki beberapa kiat-kiat khusus untuk membentengi diri agar tidak terjerumus dalam kubangan dosa. Hal pertama yang harus dilakukan adalah semakin mendekatkan diri kepada Tuhan agar nilai-nilai luhur agama yang dianut tidak luntur termakan tuntutan zaman. Dengan kegiatan ini diharapkan Anda dapat memperkaya wawasan ilmu agama dan semakin banyak pula ajaran agama yang diketahui.

Hal kedua yang harus dilakukan adalah dengan memberi contoh yang baik kepada anak-anak remaja. Jadilah seorang pribadi yang memiliki akhlak mulia terlebih dahulu sebelum memberi wejangan kepada orang lain. Contoh klasik seperti Anda melarang anak muda untuk berpacaran namun disisi lain Anda melakukan kegiatan yang dilarang tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Jangan memberi nasehat dengan kekerasan karena hanya akan menimbulkan masalah baru. Anak-anak muda zaman sekarang sudah semakin selektif dalam hal menyerap nasihat mana yang harus dipatuhi dan nasihat mana yang harusnya diabaikan. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar dalam mencari cara untuk memberikan pengertian terhadap anak muda zaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *