Bahayanya Gaya Hidup Bebas Bagi Generasi Bangsa

Bahayanya Gaya Hidup Bebas Bagi Generasi Bangsa

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian masalah yang timbul di masyarakat kini berasal dari seorang remaja. Masalah tersebut tidak bisa dianggap sepele karena dampaknya benar-benar akan dirasa di masa mendatang. Tidak tanggung-tanggung, 50 % dari remaja di dunia memiliki permasalahan dengan gaya hidup bebas mereka. Sebagian dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua, dan sebagian yang lain karena lingkungan sang remaja yang memang tidak bisa ditolerir. Lingkungan ini akan sangat mempengaruhi kejiwaan sang remaja dalam masa pertumbuhannya.

Bahayanya Gaya Hidup Bebas Bagi Generasi Bangsa

Sebagian orang memiliki pendapat bahwa hidup adalah hak setiap orang untuk memilih akan menjadi apa mereka nantinya. Namun dalam hal ini suatu pergaulan khususnya untuk para remaja harus ada kontrol agar tidak berbelok ke arah salah.

Masalah Sosial Akibat Gaya Hidup Bebas

Tentu sebuah pergaulan yang tidak terkontrol akan mengakibatkan hal-hal yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Hal ini seringkali menimbulkan kontroversi yang tidak baik. Berikut adalah beberapa masalah yang timbul sebagai akibat gaya hidup bebas.

  • Hamil di luar nikah. Keadaan seperti ini mungkin sudah biasa terjadi di beberapa negara barat. Namun, sebagai negara timur yang memiliki ideologi Pancasila hal ini sangat tidak pantas. Akibat penggunaan teknologi yang tidak bertanggung jawab beberapa remaja belia yang masih bergantung pada orang tua melakukan hal yang tidak bermoral. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan. Usia yang harus produktif belajar menjadi hancur oleh faktor ini.
  • Penggunaan Narkoba. Di era yang sudah canggih dimana segala sesuatu bisa didapatkan dengan mudah membuat beberapa orang licik meracuni generasi muda dengan obat-obatan terlarang. Candu yang ditimbulkan obat-obatan ini bukan hanya sebagai bentuk kesenangan. Hal ini akan memicu terjadinya tindak kriminal seperti mencuri hingga kriminal besar.
  • Mengidap AIDS. Gaya hidup bebas menjadikan remaja muaranya penyakit berbahaya. Bagaimana tidak. Kesenangan dari konsumsi narkoba melalui jarum suntik tidak steril secara bergantian malah menimbulkan malapetaka yang tidak ada obatnya. Ketika sudah pada tahap ini, bisa dibilang masa depan seorang remaja sudahlah tidak terlihat.
  • Kejahatan dimana-mana. Kesalahan dalam pergaulan bebas memang sangat berakibat fatal. Dari bertambahnya angka putus sekolah membuktikan bahwa sebagian besar orang tidak peduli akan pentingnya edukasi. Selain memberikan gambaran masa depan, sesungguhnya edukasi juga bersifat moral yang menunjukkan mana yang salah dan benar. Namun jika sudah sampai tahap putus sekolah, seorang remaja tanpa keterampilan tentunya hanya akan melakukan sesuatu yang menurut mereka menyenangkan tanpa tau benar salahnya. Pencurian sangat mungkin terjadi karena tuntunan ekonomi.

Baca juga: Ini Dia Cara Menjalani Hidup Bebas Dari Penyesalan Di Kemudian Hari

Dengan mengetahui segala masalah yang mungkin timbul dari gaya hidup bebas hendaklah setiap orang menjaga dan ikut memperhatikan generasi muda khususnya dalam hal pendidikan. Dengan pendidikan baik material maupun moral, keduanya akan menghantarkan pada masa depan bangsa yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *