Manfaat Dahsyat Istirahat dan Tidur yang Cukup Bagi Tubuh Anda

Manfaat Dahsyat Istirahat dan Tidur yang Cukup Bagi Tubuh Anda

Setelah lelah beraktivitas biasanya anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Dimana dengan istirahat tersebut tubuh anda akan merasa lebih rileks dan rasa lelah menjadi lebih berkurang. Tetapi dibalik beristirahat dan tidur cukup yang anda lakukan, ternyata anda banyak manfaat yang bagus bagi tubuh namun selama ini mungkin belum anda ketahui. Sesibuk apapun aktivitas anda sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat dan tidur cukup agar anda bisa memperoleh berbagai manfaat kesehatan diantaranya sebagai berikut.

Manfaat Dahsyat Istirahat dan Tidur yang Cukup Bagi Tubuh Anda

  1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

    Perlu anda ketahui bahwa istirahat dan tidur memiliki peran yang penting untuk kesehatan anda. Biasanya waktu tidur yang kurang akan membuat seseorang lebih berisiko terserang berbagai penyakit berbahaya. Dengan demikian upayakan untuk beristirahat dan tidur yang cukup karena bisa berpengaruh pada hormon insulin. Hormon ini berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah sehingga ada terhindar dari risiko diabetes.

  2. Pertumbuhan Badan

    Pertumbuhan dan perkembangan tubuh anda bisa berjalan dengan baik apabila anda membiasakan diri untuk istirahat dan tidur cukup. Saat sedang tidur biasanya hormon pertumbuhan akan membantu anak-anak dan remaja tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tingkatan usianya. Selain itu saat tidur akan terjadi proses regenerasi sel dan jaringan.

  3. Menjaga berat Badan

    Kurang tidur bisa memicu terjadinya obesitas karena ketika kurang tidur akan membuat hormon rasa kenyang dan lapar bekerja secara tidak seimbang sehingga membuat anda lebih mudah lapar dan akhirnya makan pada jam-jam yang rawan.

  4. Aktif di Siang Hari

    Dengan istirahat dan tidur yang cukup maka bisa membantu anda melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Dengan begitu keesokan harinya anda bisa tetap aktif beraktivitas terutama saat siang hari. Biasanya seseorang yang kurang tidur di malam hari akan membuat kinerjanya menurun dan tugas-tugas menjadi lama terselesaikan karena konsentrasi yang buyar.

  5. Kehidupan Seks Terjamin

    Tidur yang kurang akan mengganggu kehidupan seksual anda terutama bagi para pria. Karena kurangnya tidur akan membuat kadar hormon testosteron semakin menurun.

  6. Meningkatkan Suasana Hati

    Seseorang yang kurang beristirahat biasanya lebih cepat marah, sulit berkonsentrasi, stres, murung, tidak sabar dan depresi. Bahkan anda akan lebih mudah lelah melakukan aktivitas. Dengan demikian sebaiknya penuhi kebutuhan anda beristirahat agar suasana hati semakin meningkat dan produktivitas kerja anda menjadi lebih baik.

  7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Dengan memenuhi kebutuhan tidur dan beristirahat maka anda bisa menjaga tubuh anda dari berbagai jenis penyakit karena sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

  8. Ingatan Semakin Tajam

    Saat anda tidur, otak akan memproses serta memperkuat ingatan sehingga apa yang sudah tersimpan di dalam otak akan lebih mudah diingat.

Baca juga: Manfaat Hidup Sederhana Untuk  Kehidupan Sehari-Hari

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat istirahat dan tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh anda. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut sebaiknya mulai kini anda harus membiasakan diri beristirahat yang cukup sebagai upaya untuk  investasi kesehatan di masa sekarang dan masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *