Cara Memulai Hidup Sederhana di Zaman Modern

Cara Memulai Hidup Sederhana di Zaman Modern

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi ternyata membawa banyak perubahana dalam berbagai aspek kehidupan. Kehidupan yang semakin modern dan serba canggih menuntut seseorang untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Tetapi tak jarang banyak orang yang justru terbuai hingga akhirnya tidak memiliki rasa puas terhadap apa yang sudah dimilikinya selama ini. Bahkan mereka saling berlomba untuk mengikuti tren yang justru mengarah pada pemborosan tanpa terkendali. Agar anda terhindar dari hal-hal tersebut sebaiknya mulailah untuk menerapkan hidup sederhana mulai dari sekarang karena akan ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan.

Cara Memulai Hidup Sederhana di Zaman Modern

Untuk memulai hidup sederhana, anda bisa menahan ego dan keinginan semata yang muncul kapan saja. Dengan menurunkan ego tersebut anda bisa memilah mana yang dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan semata. Padahal sebetulnya anda bisa menggunakan barang-barang yang anda miliki dan masih layak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk membantu anda dalam menerapkan hidup yang sederhana maka berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa anda praktikkan.

Baca juga: Cara Sederhana Membiasakan Gaya Hidup Sehat Mulai Dari Sekarang

  1. Memanfaatkan Barang Bekas

    Cara memulai hidup sederhana yang pertama adalah dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dibuat menjadi karya-karya yang berdaya guna dan bermanfaat untuk rumah anda. Selain lebih hemat biaya, anda bisa mengurangi jumlah sampah yang menumpuk dan mengotori lingkungan sekitar. Bahkan anda bisa memanfaatkan kemampuan anda tersebut untuk mendatangkan penghasilan tambahan.

  2. Memprioritaskan Kebutuhan dibandingkan Keinginan

    Untuk membiasakan hidup sederhana yaitu dengan membuat prioritas kebutuhan dan keinginan. Terkadang tanpa anda sadari ada banyak barang-barang yang anda beli hanya untuk memuaskan keinginan padahal tidak begitu dibutuhkan. Agar keuangan anda tidak membengkak sebaiknya prioritaskan kebutuhan anda jika nanti masih tersisa maka bisa anda tabung atau untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

  3. Membatasi Akses Hiburan

    Aturlah akses hiburan anda dengan cermat agar pengeluaran anda tidak semakin membengkak. Jika anda terbiasa liburan seminggu sekali maka bisa anda jadwalkan sebulan sekali atau beberapa bulan sekali supaya anda terbiasa hidup sederhana.

  4. Menanam Sayuran Di Pekarangan sendiri

    Untuk memulai hidup yang sederhana, anda bisa menanam sendiri berbagai jenis sayuran  yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sayuran keluarga anda. Tidak hanya membantu anda lebih hemat, cara ini membuat anda bisa memperoleh bahan pangan yang sehat dan bebas dari pestisida.

  5. Menggunakan Listrik Seperlunya

    Meskipun listrik merupakan kebutuhan yang penting tetapi penggunaannya bisa anda atur. Caranya dengan membatasi penggunaan listrik dengan menggunakannya sesuai kebutuhan saja. Bila sudah tidak digunakan sebaiknya segera matikan peralatan elektronik anda agar hemat listrik.

  6. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

    Biasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari makan makanan yang sehat serta berolahraga secara rutin sehingga anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan begitu anda bisa mengurangi biaya berobat sehingga hidup menjadi lebih sederhana.

Demikianlah penjelasan mengenai cara hidup sederhana yang bisa anda terapkan di zaman modern seperti sekarang ini. Hidup yang sederhana bukan berarti pelit namun anda harus tetap memprioritaskan kebutuhan dan tidak mudah tergiur untuk memenuhi keinginan semata yang dirasa kurang begitu bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *