Tips Berlibur yang Hemat dan Menyenangkan yang Perlu Anda Coba

Tips Berlibur yang Hemat dan Menyenangkan yang Perlu Anda Coba

Memasuki akhir pekan atau hari libur, mungkin sebagian anda sudah merencanakan kegiatan untuk berlibur bersama dengan orang-orang tersayang. Momen liburan memang selalu ditunggu-tunggu karena tidak hanya menyenangkan namun membuat anda bisa sejenak melepas penat dari padatnya tugas-tugas pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun ada sebagian orang yang berpikir bahwa liburan harus mengeluarkan banyak uang. Padahal tidak semua liburan harus mengeluarkan banyak uang asalkan anda bisa merencanakan liburan tersebut dengan sebaik mungkin.

Tips Berlibur yang Hemat dan Menyenangkan yang Perlu Anda Coba

Perlu anda ketahui bahwa saat ini di Indonesia terdapat banyak destinasi liburan yang menawarkan harga yang cukup hemat. Masing-masing destinasi liburan tersebut menawarkan keindahan yang tak kalah dengan di luar negeri. Hal ini tentu akan membuat anda bisa lebih hemat dalam merencanakan liburan tetapi tetap menyenangkan. Untuk membantu anda dalam merencanakan liburan hemat dan menyenangkan, maka berikut akan dijelaskan tips berlibur yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Baca juga: Inilah Manfaat Berlibur Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Survei Lokasi Liburan

    Sebelum berlibur, sebaiknya carilah terlebih dahulu berbagai informasi seputar destinasi wisata yang ingin anda kunjungi. Pastikan lokasi wisata tersebut sesuai dengan keinginan dan budget anda. Untuk survei lokasi liburan bisa anda lakukan melalui internet, brosur agen wisata hingga buku-buku yang memuat pariwisata. Dengan begitu anda bisa lebih mudah menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan selama liburan dan bisa disesuaikan dengan budget.

  2. Memesan Jauh-jauh Hari

    Jika anda sudah menentukan lokasi liburan, selanjutnya silakan segera memesan tiket transportasi, penginapan serta tiket objek wisata. Biasanya untuk pemesanan yang dilakukan jauh-jauh hari, maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan promo-promo menarik lainnya.

  3. Memilih Low Season

    Pastikan anda merencanakan berlibur ketika low season atau bukan musim liburan. Selain membuat anda lebih leluasa saat liburan, berlibur pada low season akan membuat biaya liburan anda lebih hemat dibandingkan waktu musim liburan yang biasanya akan meningkat tajam.

  4. Mengutamakan Kenyamanan dibanding Kemewahan

    Jika anda ingin berhemat, sebaiknya utamakan kenyamanan dan lupakan kemewahan. Anda bisa memilih kebutuhan liburan dengan harga yang lebih hemat namun tetap nyaman sehingga liburan anda tidak menguras kantong.

  5. Membawa Uang Tunai

    Bila anda ingin berlibur sebaiknya upayakan untuk membawa uang tunai sehingga memudahkan anda untuk mengatur keuangan. Saat membawa uang tunai inilah, anda akan berpikir ulang ketika akan membeli barang yang diinginkan apakah uang yang tersisa tersebut masih cukup untuk membeli atau tidak. Bawalah uang tunai secukupnya untuk terhindar dari tindak kriminal.

  6. Mencatat Pengeluaran Liburan

    Untuk membantu anda mengatur keuangan selama berlibur, sebaiknya catatnya pengeluaran sekecil apapun itu selama liburan berlangsung. Dengan demikian anda bisa tahu arah pengeluaran tersebut sehingga anda bisa menekan pengeluaran yang hanya mengarah pada pemborosan saja.

Itulah penjelasan mengenai berlibur hemat yang perlu anda ketahui. Dengan menerapkan tips di atas kini anda tidak hanya bisa menghemat biaya liburan tetapi juga masih bisa merasakan liburan yang menyenangkan tanpa harus menguras kantong yang dalam. Dengan begitu anda bisa merasakan liburan yang sesungguhnya untuk melepas beban dan rasa penat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *