Berbagai Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Berlibur

Berbagai Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Berlibur

Kalau dalam lirik lagu legendaris anak gembala milik Tasya Kamila “libur tlah tiba hatiku gembira”. Lalu bagaimana ketika setelah liburan? Pastinya kita harus mengembalikan gairah bekerja karena salah satu tujuan berlibur adalah untuk merefresh pikiran. Namun, hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setelah liburan, kita sering dihinggapi rasa malas kembali pada rutinitas. Untuk mengatasi hal tersebut, coba lakukan 7 tips berikut supaya Anda kembali semangat untuk bekerja setelah liburan.

Berbagai Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Berlibur

Pikirkan Kesenangan saat Bekerja

Bekerja tentu tidak semenyenangkan berlibur. Namun, pasti ada beberapa sisi menyenangkan dari pekerjaan Anda. Misalnya dapat berkumpul lagi dengan teman kerja. Agar semangat Anda kembali tumbuh, pikirkanlah hal-hal menyenangkan tersebut.

Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

Buatlah jadwal pekerjaan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depannya. Jadwal yang jelas dapat membawa Anda pada tujuan yang jelas pula. Nah, target tersebutlah yang dapat memacu Anda untuk lebih bersemangat.

Datang Lebih Pagi

Tinggalkan kebiasaan bangun siang saat berlibur, karena Anda harus kembali pada rutinitas kerja. Jika perlu paksa diri Anda untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja. Hal ini bermanfaat agar Anda mempunyai waktu lebih untuk mempersiapkan diri menghadapi lingkungan kerja kembali.

Mulai Secara Perlahan

Jangan panik jika menemukan tumpukan pekerjaan setelah berlibur karena hal tersebut normal dialami banyak orang. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran Anda belum sepenuhnya fokus pada pekerjaan tersebut. Terburu-buru juga berpotensi membuat Anda melewatkan beberapa detail pekerjaan sehingga justru harus merevisinya. Lakukan secara perlahan-lahan saja asal pasti, itu lebih baik.

Atur Waktu Dengan Bijaksana

Hindari lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Lebih baik atur waktu antara pekerjaan dan keluarga dengan baik. Maksimalkan waktu kerja hanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai hubungan harmonis keluarga yang dibangun saat berlibur luntur karena lembur. Pada dasarnya memiliki pengaturan waktu yang baik bisa menambah semangat kerja Anda. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan juga dapat membuat Anda terfokus menyelesaikan pekerjaan.

Minta Bantuan Jika Perlu

Setelah berlibur pikiran memang rawan kurang fokus. Hal tersebut berdampak pada menurunnya kinerja Anda saat bekerja. Jika menemukan kesulitan saat bekerja, jangan ragu meminta bantuan pada rekan Anda. Karena meminta bantuan bukan berarti Anda tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hanya saja, Anda belum terlalu siap menghadapi kesibukan kembali Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan.

Baca juga: 7 Trik Praktis Cara Berlibur Yang Murah Meriah

Jangan Terbawa Teman

Berlibur memang bisa membuat orang terlena. Mungkin teman-teman kerja Anda masih bermalas-malasan pasca liburan. Namun, jangan biarkan mereka mempengaruhi Anda. Sebaliknya, Anda harus memengaruhi mereka untuk kembali semangat bekerja. Jadi, pertahankan semangat kerja Anda dan jangan terbawa dengan kemalasan teman-teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *