4 Cara Mudah Mengatasi Kesepian

4 Cara Mudah Mengatasi Kesepian

Tuntutan aktivitas yang penuh hingar bingar dunia terkadang membuat Anda butuh untuk menyepi dan itu merupakan hal normal. Namun, permasalahannya lain jika kesepian yang Anda rasakan bukan atas kemauan diri sendiri. Bisa jadi karena perasaan terabaikan, putus hubungan percintaan, atau terisolasi dari dunia sekitar. Jika seperti itu, maka dampaknya bisa mempengaruhi kesehatan terutama kesehatan mental.

4 Cara Mudah Mengatasi Kesepian

Permasalahan kesepian memang tidak dapat disepelekan. Bahkan di Inggris ada kementrian yang dibangun khusus untuk menangani masalah tersebut. Di samping itu, Amerika juga mengkategorikannya sebagai salah satu ancaman kesehatan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diperbaiki. Simak 4 cara mudah untuk mengatasi permasalahan Anda berikut.

Kenali pemicunya

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Karena itu, sebaiknya cari pemicu dari rasa kesepian yang menghinggapi Anda. Jika sudah menemukannya, kenali solusi untuk mengatasinya. Setelah menemukan solusinya, hindari hal yang bisa membuat Anda mengulang rasa yang sama tersebut. Misalnya Anda merasa kesepian saat di tengah keramaian, itu berarti Anda membutuhkan perhatian tambahan. Jika begitu, ciptakan sesuatu yang bisa membuat Anda menjadi pusat perhatian.

Bila kesepian bersifat situasional, Anda bisa mencari masalah pada diri sendiri. Anda bisa mempertimbangkan, beradaptasi, atau memperluas wawasan dan pilihan untuk bertindak. Tetapi jika hal tersebut berlangsung lama, mungkin memang ada masalah psikologis yang harus Anda selesaikan.

Jangan biarkan teknologi mengambil alih

Beberapa orang lebih tertarik berkutat dengan ponsel atau komputer daripada dengan orang lain. Jika memang tidak diperlukan, sebaiknya Anda hindari hal tersebut. Jangan biarkan teknologi membuat Anda terlena sehingga hidup Anda dikendalikan dan bergantung pada kecanggihannya. karena bagaimanapun, peran manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat digantikan dengan aspek teknologi.

Anda tentu pernah melihat dua orang yang berjalan berdampingan namun keduanya sibuk dengan ponsel masing-masing. Atau, pasangan yang makan siang bersama di sebuah cafe tapi bukannya saling mengobrol langsung, keduanya justru sibuk mengutak-atik ponsel di meja. Keadaan seperti itulah yang lama-kelamaan bisa membuat Anda merasa kesepian.

Hindari hubungan tanpa kedekatan

Anda belum bisa dikatakan dekat jika hanya berhubungan lewat pesan. Jika Anda melanjutkan hubungan yang hanya bersua melalui pesan, Anda akan tetap dihinggapi kesepian. Jika memang Anda tengah menjalin hubungan jarak jauh, bangun kedekatan lewat telepon. Atau jika memungkinkan buat jadwal khusus untuk waktu saling mengunjungi satu sama lain.

Mulai dengan pembicaraan sederhana

Dari pada mengucapkan kalimat yang biasa seperti “semoga hari ini berjalan baik”, cobalah untuk memulai pertanyaan sederhana yang bermakna. Carilah pembicaraan yang mampu menghasilkan sebuah respons dari lawan bicara. Misalnya mengenai pendapat Anda tentang sesuatu, hal-hal menarik minggu ini, tentang minat Anda, atau apa yang akan dilakukan untuk bersantai.

Baca juga: Berikut 4 Kiat Mencegah Hedonisme Yang Terbilang Efektif

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kesepian. Tidak hanya untuk diri sendiri, cara diatas juga dapat Anda lakukan untuk membantu orang lain keluar dari kesepian mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *