7 Aktivitas Rutin Setelah Subuh yang Membuat Anda Bernostalgia di Masa Kecil

7 Aktivitas Rutin Setelah Subuh yang Membuat Anda Bernostalgia di Masa Kecil

Bangun pagi adalah hal yang sulit dilakukan beberapa orang. Padahal bangun pagi memiliki manfaat seperti membuat tubuh lebih bugar karena menghirup udara yang masih segar, juga bisa memberi waktu mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan.  Oleh karena itu, orang tua melatih kebiasaan bangun pagi sedari kecil.

7 Aktivitas Rutin Setelah Subuh yang Membuat Anda Bernostalgia di Masa Kecil

Bagi Anda yang terbiasa bangun pagi, sebelum berangkat bekerja pasti memiliki aktivitas rutin yang dilakukan setelah subuh. Aktivitas sederhana tersebut pastilah membekas sampai saat ini. Anda bisa nostalgia masa kecil dengan menyimak ulasan kegiatan rutin setelah subuh anak-anak 80-90 an berikut.

Joging sekaligus tiduran di jalan

Joging adalah olahraga pagi yang paling banyak digemari. Di samping menyehatkan, aktivitas ini juga dimanfaatkan sebagai waktu berkumpul dan bercanda dengan anak-anak sekitar kompleks. Selain itu, kondisi jalan Raya yang masih sepi kendaraan biasanya dimanfaatkan untuk tempat tiduran melepas lelah sehabis joging.

Membersihkan musholla bersama

Salah satu tujuan Para orang tua membiasakan bangun pagi sejak kecil adalah untuk memenuhi ibadah sholat subuh. Biasanya, sehabis sholat subuh anak-anak akan membersihkan halaman mushalla beramai-ramai menggunakan guyuran air dari sumur. Sembari mengepel lantai, anak-anak akan becandan dengan saling dorong dan perosotan memanfaatkan lantai yang licin.

Melihat matahari terbit di pinggir sawah

Anak-anak biasanya berjejer di pinggir sawah untuk menyaksikan matahari terbit. Mereka akan berceloteh tentang impian, harapan, dan cita-cita masa depan Sambil menyaksikan keindahan proses terbitnya fajar.

Mendengarkan radio

Zaman dahulu masih belum ada televisi. Hiburan dari alat teknologi yang ada adalah radio. Dipagi hari, sembari mengumpulkan niat untuk beraktivitas pasti ditemani lagu qosidah dan ceramah KH. Zainudin MZ dari radio. Terlebih ceramah ustadz seribu umat tersebut menggelitik dengan kata-kata khas “betul?” yang membuat jamaah dan yang mendengarkan ikut tertawa.

Menyiram kebun disamping rumah

Rumah tempo dulu umumnya mempunyai kebun kecil dengan tanaman sayur mayur seperti cabai, tomat, terong dan lain-lain di sampingnya. Menyiram tanaman-tanaman dengan pagar buatan sendiri dari bambu tersebut menjadi salah satu aktivitas rutin anak-anak setiap pagi.

Berburu embun di atas rumput

Pagi hari pasti identik dengan embun. Terlebih di daerah pegunungan atau persawahan, anak-anak akan berlari kecil menginjak rerumputan yang basah terkena embun. Biasanya, Setelah joging mereka akan mencuci kaki dengan embun tersebut.  Bahkan ada pula yang menggunakan embun pada rumput untuk mengusap wajah.

Mengumpulkan Jambu Air tetangga Yang Berjatuhan

Saat musim jambu tiba, berarti saatnya anak-anak beraksi. Biasanya anak-anak sudah mengincar salah satu rumah yang memiliki pohon jambu dengan buah yang lebat. Setelah sholat subuh, anak-anak menyempatkan waktu untuk mengumpulkan buah jambu yang berjatuhan, lalu dimasukkan dalam baju bagian bawah yang dibuka lebar-lebar untuk membawanya ke rumah masing-masing.

Baca juga: Berikut 4 Bentuk Aktifitas Rutin Pagi Hari Yang Menyehatkan

Selain 7 aktivitas rutin diatas, kira-kira apalagi kegiatan masa kecil Anda yang masih sangat membekas di hati?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *