LifeStyle Buruk yang Mengakibatkan Penyakit Degeneratif Berbahaya

LifeStyle Buruk yang Mengakibatkan Penyakit Degeneratif Berbahaya

Berbicara mengenai lifestyle setiap orang memiliki selera dan aturannya sendiri. Hal ini biasanya akan Nampak dari perilaku hingga kondisi fisik seseorang. Bagaimana gaya hidup mempengaruhi seseorang, akan tampak dari seberapa baik kondisinya. Sebagai contoh penerapan gaya hidup yang buruk atau tidak sehat. Hal ini akan memicu timbulnya penyakit degeratif.

LifeStyle Buruk yang Mengakibatkan Penyakit Degeneratif Berbahaya

Apa itu Penyakit Degeratif?

Penyakit degeratif adalah penyakit yang diakibatkan oleh perubahan sel-sel tubuh sehingga mempengaruhi fungsi organ secara umum. Penyakit ini biasanya muncul seiring bertambahnya usia seseorang, bukan karena virus maupun bakteri. Meskipun pada hakikatnya penerapan life style bisa menyebabkan penyakit-penyakit tertentu tanpa memandang faktor usia. Gaya hidup ini dapat berasal dari pengkonsumsian makanan daging, gula, minuman keras, serta rokok. Selain itu pola hidup terutama orang yang tinggal di kota dengan duduk bekerja seharian tanpa diimbangi dengan kesadaran untuk bekerja membuat gaya hidup ini sangat berisiko terkena penyakit degeneratif.

Apa Saja Penyakit Degeneratif yang Sering Muncul?

Sebagai bekal pengetahuan tentang penyakit degeneratif, sebaiknya perlu diketahui apa saja macam penyakit degeneratif ini.

  • Kanker

Penyakit ini mungkin sudah familiar di telinga Anda. Kasus penyakit yang paling banyak menelan korban setiap tahunnya ini disebabkan oleh mutasi pada DNA dalam tubuh. Mutasi ini bisa diturunkan dari orang tua. Beberapa faktor yang memicu mutasi ini adalah gaya hidup yang buruk seperti obesitas, pengkonsumsian rokok, kurang olahraga, hingga pengkonsumsian makanan yang mengandung bahan kimia pemicu kanker (karsinogenetik).

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes ini biasanya bersifat keturunan, sehingga hal ini bisa diketahui dari orang tua. Jika ada kemungkinan terkena, Anda dapat memeriksakan diri sedini mungkin untuk menghindari parahnya penyakit. Selain itu pertambahan usia juga merupakan faktor yang perlu diantisipasi. Terlepas dari faktor-faktor tersebut sebenarnya gaya hidup seseorang lah yang sangat mungkin memicu timbulnya penyakit, seperti kekurangan bergerak aktif, hingga obesitas.

  • Kardiovaskuler

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak pada pembuluh dara yang menuju ke jantung, sehingga menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang diantaranya adalah stress, merokok, pola makan tidak sehat hingga kelebihan berat badan.

  • Osteoporosis

Penyakit ini terjadi karena kekurangan vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Selain itu aktivitas diam atau kurang bergerak juga sangat mempengaruhi. Disarankan agar setidaknya melakukan peregangan setiap hari, dan mengurangi kegiatan duduk terlalu lama. Juga agar menghindari kebiasaan merokok, karena zat nikotin yang terkandung di dalamnya memiliki efek buruk langsung terhadap tulang dan menyebabkan tulang gagal menyerap kalsium atau vitamin D.

Baca juga: Berkenalan Dengan 4 Macam Trend Lifestyle Untuk Hidup Lebih Sehat

Dengan demikian, untuk menghindari risiko terkena penyakit-penyakit degenerative di atas, dianjurkan untuk menjaga pola makan, serta melakukan olahraga rutin 30 menit sehari. Jikalau Anda terfikir untuk mengkonsumsi suplemen tertentu sebaiknya konsultasikan atau minta pendapat dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *