4 Tips Masuk ke Dunia Politik Sejak Dini

4 Tips Masuk ke Dunia Politik Sejak Dini

Sebagian orang memiliki keinginan untuk punya karir politik dan sudah bisa dimulai sejak masih sekolah maupun kuliah. Aktif dalam berbagai organisasi di lingkungan sekolah maupun kampus sudah menjadi media untuk terjun ke ranah tersebut. Tidak menutup kemungkinan sukses memegang jabatan di OSIS nantinya membuka kesempatan untuk duduk di kursi pemerintahan. Karir di ranah ini memang terbuka lebar bagi siapa saja, beberapa bahkan terbilang sukses terjun ke dalamnya secara independen sehingga tidak melewati parpol.

4 Tips Masuk ke Dunia Politik Sejak Dini

Tips Masuk ke Dunia Satu Ini

Dunia pemerintahan identik menjadi fokus utama ranah ini sehingga banyak yang mencoba masuk ke dalamnya. Jika tertarik simak tips berikut untuk memuluskan niat tersebut:

  • Menjadi sukarelawan,

Menjelang pemilu biasanya akan banyak parpol yang membutuhkan sukarelawan, baik untuk memasang brosur sampai menjadi panitia untuk tugas lapangan. Cobalah menjadi sukarelawan di salah satu parpol terutama yang statusnya kuat misal meraih banyak suara di pemilu sebelumnya. Lewat cara ini Anda sudah punya kesempatan untuk masuk lebih dalam ke tubuh partai tersebut, karir di dunia pemerintahan pun bisa terbuka semakin lebar.

  • Masuk ke perguruan tinggi,

Masuk ke jenjang kuliah atau perguruan tinggi juga memberikan celah yang sangat lebar untuk masuk ke ranah politik. Sehingga berikan kemudahan bagi Anda untuk menjadi mahasiswa misalnya sudah menyiapkan diri untuk kuliah di salah satu kampus. Setelah menjadi mahasiswa Anda akan semakin kenal dengan banyak organisasi dan beberapa berkaitan langsung dengan pemerintahan. Jadi, kuliah tak hanya memberi ilmu dari jurusan yang Anda masuki melainkan juga bekal untuk terjun ke ranah pemerintahan.

  • Ikut menjadi panitia acara,

Acara apapun baik di sekolah, kampus, ataupun di desa usahakan untuk menjadi panitia di dalamnya. Cobalah untuk bersosialisasi dengan anak muda di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda karena memberi kesempatan untuk menjadi panitia di berbagai acara. Beberapa jenis acara ini kerap berkaitan dengan parpol dan tentunya ikut menjadi panitia membuka kesempatan untuk terjun ke parpol tersebut. Asalkan ada keinginan dan keberanian untuk terus maju dijamin akan lebih mudah sampai ke tujuan, jadi silahkan mencoba tips ini.

Baca juga: Dunia Artis Pindah Ke Dunia Politik? Ternyata Ini Alasannya!

  • Mencoba menjadi pemimpin organisasi,

Selain menjadi anggota, posisi pemimpin di sebuah organisasi layak untuk Anda perjuangkan. Sehingga memiliki ilmu, kecakapan, dan bekal lainnya untuk masuk ke ranah pemerintahan baik independen maupun lewat parpol. Menjadi pimpinan di sebuah organisasi memang tidak mudah namun jika mampu membuktikan Anda mampu. Maka karir di dunia pemerintahan lebih mudah terbuka sebab di CV Anda mencantumkan riwayat organisasi yang pernah dimasuki. Modal ini tentu memberi kemudahan untuk terjun ke dunia politik, sehingga layak untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *