Simak 4 Tips Ini untuk Membangun Keluarga yang Religius

Simak 4 Tips Ini untuk Membangun Keluarga yang Religius

Membangun keluarga yang religius tentu sangat penting di zaman modern seperti sekarang agar keluarga aman dari pengaruh buruk lingkungan. Agama memang menjadi modal terbaik untuk terjun ke masyarakat supaya bisa tetap menjadi pribadi yang lurus dan tidak berperilaku merugikan. Membentuk keluarga yang paham agama memang tidak mudah apalagi jika tidak didukung oleh pasangan. Inilah alasan mengapa dalam memilih pasangan perlu yang seiman dan agamanya pun bagus, sehingga bisa membentuk anak-anak yang paham dan mudah diajari perihal agama.

Simak 4 Tips Ini untuk Membangun Keluarga yang Religius

Tips Membangun Keluarga yang Beriman

Namun untuk membentuk keluarga yang agamanya bagus atau beriman rupanya bisa dengan beberapa tips sederhana namun efektif. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Menjadi suri tauladan,

Orangtua memang menjadi sumber utama agar anak-anak terbiasa mencintai agamanya, sehingga perlu menyadari peran ini. Kemudian memberikan teladan yang baik misalnya rajin beribadah dan mengajak anak-anak untuk masuk ke tempat ibadah sejak dini. Memberikan teladan jauh lebih efektif dibanding harus mendumel lewat omongan, sebab tidak semua anak bahkan pasangan suka diceramahi. Melainkan lebih suka dan lebih nyaman diperlihatkan contoh yang baik dan benar.

  • Membiasakan membaca doa,

Kebiasaan sederhana untuk membangun keluarga yang religius tidak hanya lewat contoh pelaksanaan ibadah secara teratur. Melainkan juga lewat kebiasaan berdoa dan baiknya diajarkan pada anak sejak dini agar mereka terbiasa. Mulailah dari yang di rumah dulu misalnya membiasakan membaca doa sebelum makan, sebelum tidur, dan sebagainya. Kemudian perlahan mengarah pada doa sehabis beribadah atau dimana saja ketika memang membutuhkan pertolongan dari Tuhan. Asalkan terbiasa maka doa ini menjadi nafas mereka.

  • Memperkenalkan Nabi dan sahabatnya,

Semua agama tidak hanya Islam tentu memiliki Nabi yang menjadi utusan untuk menyebarkan agama yang dikirimkan oleh Tuhan. Anda yang ingin membangun kecintaan anak-anak terhadap agama dan terbiasa menjalankan amalan di agama tersebut. Bisa dimulai dengan menceritakan kisah Nabi beserta para sahabatnya sehingga bisa menjadi alternatif selain dongeng putri salju. Mengenal Nabi dan cerita teladan para sahabat bisa membuat anak-anak kritis untuk mengikuti kebiasaan atau amalan mereka sejak dini, kecintaan pada agama pun tumbuh dengan baik.

Baca juga: Cara Menanamkan Nilai Religius Pada Anak

  • Memasukan anak ke sekolah agama,

Tindakan yang saat ini semakin banyak dipilih orangtua untuk membiasakan anak menjadi pribadi yang baik adalah memasukan mereka ke sekolah berbasis agama. Misalnya saja Islam, kini sudah banyak sekolah Islam sejak tingkatan TK sampai universitas. Sehingga ada banyak mata pelajaran bernafaskan Islam diajarkan setiap harinya di lingkungan sekolah. Hanya saja jangan langsung pasrah pada sekolah mengenai pendidikan agama anak, sebab idealnya di rumah pun ikut memberikan pengajaran agama. Sehingga keluarga yang religius bisa dibangun sesuai impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *