Takut Menjadi Hedonisme? Simak 4 Trik Ini untuk Pencegahan

Takut Menjadi Hedonisme? Simak 4 Trik Ini untuk Pencegahan

Paham hedonisme mau tak mau memang harus dihadapi terlebih bagi masyarakat yang tinggal di kota besar dan sudah modern. Paham ini pertama kali dikenal sejak berabad-abad silam dan awalnya hanya dilakoni masyarakat di benua Eropa. Secara perlahan paham ini merambah ke berbagai benua dan negara yang kini sudah bisa terlihat mulai masuk ke Indonesia. Paham ini memang tidak sesuai dengan prinsip hidup orang normal yang ingin sukses dengan usaha keras, sebab cenderung ingin mencari kebahagiaan sendiri.

Takut Menjadi Hedonisme? Simak 4 Trik Ini untuk Pencegahan

Trik Mencegah Menjadi Hedon

Agar tidak gagap dalam mengais rezeki serta bijak dalam mengelola penghasilan untuk sukses di hari tua nanti maka cegah proses masuknya paham hedon ini. Bagaimana caranya? Berikut trik yang mudah untuk dicoba:

  • Membiasakan hidup secara sederhana,

Salah satu penyebab mudahnya paham hedon masuk ke dalam diri Anda adalah dengan hidup bergaya mewah. Biasanya muncul perasaan tidak rela kalah saing dengan teman atau tetangga yang bisa membeli dan memakai barang bagus. Padahal untuk hidup nyaman justru dengan cara hidup sederhana, tidak mencolok sehingga tidak menyebabkan iri hati sekaligus mencegah menjadi hedon.

  • Bijak dalam memilih teman pergaulan,

Kadang kala hedonisme bisa merasuki Anda jika salah dalam memilih teman pergaulan, jadi ibarat berteman dengan penjual parfum maka tubuh Anda akan kecipratan parfum dagangannya. Sebaliknya, jika berteman dengan pandai besi maka akan merasakan panasnya percikan bijih besi di kulit Anda. Jadi, siapa saja bisa menjadi hedon ketika berteman dengan mereka yang sudah hedon. Cobalah mencari teman yang mengajak pada hal baik, kebiasaan baik, dan semacamnya yang tidak merugikan Anda.

  • Membentengi diri dengan ibadah,

Agar tetap lurus dan tidak berbelok pada perilaku yang cenderung hedon baiknya Anda membentengi diri dengan ibadah. Iman yang kuat tak dapat dipungkiri menjadi benteng terbaik untuk tetap hidup sederhana, apa adanya, dan selalu berbuat baik. Tidak terburu-buru untuk menikmati dunia dan seisinya jadi silahkan perkuat keimanan Anda. Selama ini jarang sholat bisa ditata sholatnya, jika tidak pernah ke gereja silahkan mulai rutin ke gereja setiap Minggu, dan sebagainya. perlahan iman menguat dan hedon tidak mudah menyerang.

Baca juga: Ciri-Ciri Gaya Hidup Hedonisme Yang Perlu Anda Waspadai

  • Belanja sesuai kebutuhan,

Berlebihan dan boros demi mendapatkan produk yang disukai menjadi tanda jika seseorang sudah mulai menjadi hedon. Maka untuk mencegah paham ini juga merasuki Anda dianjurkan untuk berbelanja sesuai kebutuhan. Kunjungi tempat belanja jika memang ada yang perlu dibeli, sekalipun jalan-jalan jangan langsung membeli ini dan itu kecuali sudah dipikirkan manfaatnya. Asalkan berbelanja apapun sesuai kebutuhan maka seseorang tidak mudah lepas kontrol, sebab kebahagiaan hedonisme sebenarnya hanya sekejap jadi jangan sia-siakan masa muda Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *