Tips Gaya Hidup yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Tips Gaya Hidup yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Bagi kebanyakan kaum hawa, bulan Ramadhan tidak hanya bulan yang dijadikan sebagai ajang untuk berlomba-lomba melakukan hal baik tetapi juga dijadikan sebagai salah satu momentum untuk menurunkan berat badan atau dengan kata lain melakukan diet. Tetapi hal terjadi nyatanya berbeda. Tentu saja, tak sedikit kaum hawa yang terkadang gagal melakukan diet dan yang terjadi malah justru sebaliknya. Berat badan mereka semakin bertambah. Hal tersebut tentu saja membuat mereka cukup kesal. Biasanya hal seperti itu diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, Anda sebaiknya segera melakukan pola hidup yang baik sebelum segalanya terlambat. Berikut ini beberapa tips diet yang bisa Anda lakukan selama bulan puasa.

Tips Gaya Hidup yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Mengatur Jadwal Makan dengan Benar

Tidak peduli, meskipun sedang berada di bulan Ramadhan, Anda tetap harus mengatur jadwal makan dengan baik dan benar. Jika di hari-hari biasa, Anda makan tiga kali sehari, maka usahakanlah juga makan tiga kali sehari di waktu Ramadhan walaupun pembagian waktunya berbeda. Anda bisa ibaratkan sahur sebagai sarapan, lalu buka puasa dengan menyantap makanan ringan secukupnya. Selepas magrib, Anda bisa melakukan makan malam. Mengatur jadwal makan dengan sedemikian rupa merupakan gaya hidup yang baik karena akan menjaga sistem pencernaan Anda tetap berjalan dengan baik.

Memastikan Karbohidrat Kompleks Tercukupi

Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat akan membuat berat badan cepat bertambah. Hingga akhirnya mereka membuat keputusan untuk tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal hal tersebut sama sekali tidak tepat. Tubuh Anda tetap membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena serat yang terkandung dalam makanan tersebut akan membuat sistem pencernaan Anda tetap berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, karbohidrat yang kompleks dapat meningkatkan kadar glukosa darah yang akan sangat membantu menjaga tubuh untuk tetap stabil dan membantu menetralkan kadar asam dalam lambung untuk mengurangi rasa nyeri di lambung. Gaya hidup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, jagung, pisang, ubi jalar, roti gandum, buah hingga sayuran merupakan hal yang sangat penting.

Baca juga Cara Sederhana Membiasakan Gaya Hidup Sehat Mulai Dari Sekarang

Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis

Gaya hidup yang selanjutnya, baiknya Anda kurangi mengonsumsi makanan manis. Memang umumnya, jika kita bicara soal menu pada saat berbuka, pasti kebanyakan orang akan lebih suka untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis seperti kolak pisang, cokelat dan lain sebagainya. Makanan tersebut memang boleh untuk dikonsumsi, namun tidak diperkenankan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Sebab jika Anda mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, maka hal tersebut bisa menyebabkan kegemukan, karena makanan manis dapat meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh Anda dan jika jumlah insulin terus meningkat, maka akan membuat produksi lemak juga akan meningkat dan akan menghambat hormon leptin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *