Cara Menanamkan Nilai Religius Pada Anak

Cara Menanamkan Nilai Religius Pada Anak

Nilai agama atau nilai religius merupakan dasar yang sudah semestinya diperkenalkan oleh orangtua kepada anak sejak dini. Dimana pengenalan nilai agama memang sudah seharusnya dimulai dari rumah dan nantinya pengetahuan yang diberikan di sekolah bisa menjadi wawasan tambahan untuk melengkapi pengetahuan anak. Tugas penting dari orang tua adalah menanamkan nilai-nilai penting bagi anak sejak usia dini sesuai yang tercantum dalam kitab suci. Orangtua bisa memperkenalkan nilai agama tersebut melalui contoh perilaku sehari-hari sehingga anak bisa belajar bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

Cara Menanamkan Nilai Religius Pada Anak

Dalam upaya menanamkan nilai religius pada anak, sebaiknya para orangtua tidak terlalu memaksakan buah hatinya. Namun penanaman nilai tersebut bisa dimulai dari orangtua yang memberikan contoh yang baik dalam berperilaku sesuai dengan ajaran agama. Dengan begitu nantinya nilai agama yang sudah tertanam pada diri anak bisa menjadi pedoman dalam berperilaku serta filter terhadap perilaku yang cenderung negatif. Untuk membantu para orangtua untuk menanamkan nilai religi pada buah hati maka berikut ini akan dijelaskan cara-caranya untuk anda.

  1. Mengenalkan Anak Pada Penciptanya

    Cara yang pertama untuk menanamkan nilai religius pada anak adalah dengan memperkenalkan anak dengan Penciptanya serta ciptaan-Nya. Dalam hal ini anda bisa memulai dengan mengenalkan hal-hal yang ada di sekitar anak serta asal-usulnya. Ketika anak tahu siapa penciptanya maka akan memudahkan anda untuk mengenalkan anak pada perilaku yang sesuai dengan aturan Tuhan sehingga mereka tidak mudah untuk melanggarnya.

  2. Menanamkan Bahwa Ibadah Itu Menyenangkan

    Ketika anak berada pada usia yang cukup, maka anda bisa mengajak mereka untuk menjalankan ibadah. Berikan pengertian pada mereka bahwa menjalankan ibadah merupakan hal yang menyenangkan serta bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan. Dengan beribadah, anak akan merasa lebih dekat dengan Tuhan.

  3. Memberikan Pemahaman Perilaku yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

    Ajarkan pada buah hati mengenai perilaku yang boleh dilakukan sesuai dengan ajaran agama serta perilaku yang tidak boleh dilakukan. Dengan begitu mereka bisa tahu mana perilaku yang sebaiknya dilakukan sehingga tidak melanggar perintah Tuhan.

  4. Menceritakan Kisah-Kisah Religi

    Untuk memberikan wawasan pada anak mengenai nilai agama maka anda bisa menceritakan kisah religi mengenai sejarah maupun kisah inspiratif dari tokoh-tokoh agama yang bisa menjadi teladan bagi anak.

  5. Mengajarkan Sikap Toleransi dengan Pemeluk Agama Lain

    Sebaiknya sejak kecil tanamkan sikap toleransi pada anak dengan pemeluk agama lain sesuai dengan anjuran ajaran agama. Dengan begitu akan tercipta kehidupan yang rukun dan harmonis.

  6. Merefleksikan Nilai Agama Dalam Perilaku Sehari-hari

    Jika nilai religius sudah mulai tertanam pada anak maka mereka akan berperilaku sesuai dengan ajaran agama dan berupaya menghindari perilaku yang bisa melanggar aturan Tuhan. Dengan begitu anak-anak akan terbiasa berperilaku baik sejak dini dan akan terus tertanam hingga dewasa kelak.

Baca juga Menjadi Religius Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Itulah tadi penjelasan mengenai cara-cara menanamkan nilai religius pada anak sejak dini yang bisa dipraktikkan oleh para orangtua. Untuk menumbuhkan nilai agama pada anak memangmmbutuhkan peran yang besar dari orangtua. Sehingga sebaiknya para orangtua ikut berperan aktif agar penanaman nilai agama bisa berhasil dilakukan sejak anak masih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *