Ciri-Ciri Gaya Hidup Hedonisme yang Perlu Anda Waspadai

Ciri-Ciri Gaya Hidup Hedonisme yang Perlu Anda Waspadai

Selama ini mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar istilah hedonisme atau hedonis dari orang-orang di sekitar anda. ada yang mungkin sudah paham atau bahkan belum sama sekali mengenai istilah tersebut. Hedonis sebetulnya merupakan sebuah pandangan atau gaya hidup yang diorientasikan pada kesenangan serta kenikmatan materi semata. Dimana kesenangan terhadap materi tersebut menjadi tujuan utama dari hidup seseorang. Dengan demikian orang yang memiliki gaya hidup hedonis cenderung rela melakukan apa saja agar bisa mencapai kepuasan materi yang diinginkan.

Ciri-Ciri Gaya Hidup Hedonisme yang Perlu Anda Waspadai

Biasanya hedonisme tidak serta merta tumbuh secara langsung pada seseorang melainkan muncul sejak seseorang masih kecil akibat adanya pola asuh orang tua yang salah. Tidak hanya itu, hedonis juga bisa muncul karena pengaruh lingkungan sekitar serta bentuk rasa balas dendam karena masa laku yang cukup sulit dan membuatnya ingin hidup bersenang-senang di masa sekarang. Untuk membantu anda agar terhindar dari sifat hedonis ini sebaiknya anda perlu waspada dengan ciri-ciri orang hedonis diantaranya sebagai berikut.

  1. Gaya Hidup Mewah
    Ciri orang yang hedonisme pertama yaitu memiliki kebiasaan segala sesuatunya terlihat gemerlap dan mewah. Hal ini disebabkan karena mereka menganggap bahwa kemewahan adalah hal yang paling utama di dalam hidup. Bisa juga kehidupan yang serba mewah tersebut merupakan bukti bahwa mereka benar-benar mampu. Namun ada pula yang terlalu memaksakan diri untuk terlihat mampu sehingga akhirnya menyusahkan diri sendiri untuk terlihat mewah di depan oranglain.
  2. Terlalu Memilih Teman
    Biasanya orang yang hedonisme lebih cenderung memilih-milih teman dalam bergaul. Bahkan mereka yang menghindari orang-orang yang dianggap kurang menguntungkan untuk menaikkan status sosial mereka. Biasanya mereka hanya mau berteman dengan orang yang dianggap satu level dalam hal materi maupun bersenang-senang untuk hura-hura semata.
  3. Sebagai Konsumerisme yang Akut
    Bagi orang hedonisme, sifat konsumtif merupakan hal yang sudah mutlak karena mereka juga tidak memiliki skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Lebih parahnya lagi, mereka tidak mempertimbangkan butuh atau tidak butuh ketika ingin membeli sesuatu. Dalam benak mereka, ketika mereka ingin sesuatu maka bagaimanapaun caranya mereka harus segera memilikinya. Selain itu, mereka juga sangat antusias terhadap diskon atau promo meskipun sebetulnya juga tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Dengan demikian anda tak perlu heran jika orang yang hedonis biasanya jarang memiliki tabungan karena biasanya kartu kredit yang mereka miliki digunakan untuk membeli barang-barang yang diinginkan.
  4. Jauh dari Agama serta Anti Sosial
    Orang hedonis biasanya jauh dari agama dan tidak mau menjalankan ibadah. Mereka juga anti sosial karena tidak memiliki rasa peka terhadap lingkungan sekitar sehingga hubungan dengan orang-orang di lingkungan sekitar cenderung kurang begitu harmonis.

Baca juga Waspadai Gaya Hidup Hedonisme Di Sekitar Anda

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri orang dengan gaya hidup hedonisme yang perlu anda wapadai. Melalui penjelasan di atas, kini anda bisa introspeksi diri apakah selama ini tanpa sadari sudah memiliki sifat seperti di atas. Jika iya maka sebaiknya silakan jauhi sifat-sifat tersebut agar anda terbebas dari sifat hedonis yang sangat merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *