Cara Ampuh Menghindari Hedonisme yang Perlu Anda Ketahui

Cara Ampuh Menghindari Hedonisme yang Perlu Anda Ketahui

Hedonisme merupakan sebuah gaya hidup yang hanya mencari kesenangan semata dan hanya mengutamakan duniawi saja. Bagi mereka kesenangan diri merupakan hal yang sangat penting sehingga mereka juga tidak peduli bagaimanapun kondisi keuangan mereka. Gaya hidup demikian sebetulnya hanya akan menghabiskan materi saja dalam jumlah yang tidak sedikit. Bahkan tak jarang ada sebagian orang yang terlalu memaksakan diri menjalani gaya hidup hedonis yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan mereka sehingga muncul ketidakseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran.

Cara Ampuh Menghindari Hedonisme yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, hedonisme menjadi sebuah budaya yang marak berkembang di masyarakat. Sebetulnya menjalani hidup secara hedon adalah hak masing-masing orang. Namun jika gaya hidup ini terus berkembang maka justru akan menimbulkan adanya kesenjangan sosial. Sebab orang-orang yang kaya dan mampu akan cenderung bergabung dengan yang kaya. Sedangkan yang kurang mampu akan semakin tidak dianggap dalam kehidupan masyarakat sehingga menimbulkan masalah tersendiri. Sebetulnya untuk merasakan kesenangan dan bahagia tidaklah harus mengeluarkan banyak uang. Untuk membantu anda agar terhindar dari hedon maka berikut akan diberikan beberapa cara yang bisa anda praktikkan.

  1. Membuat Skala Prioritas
    Hedonisme merupakan gaya hidup yang hanya mengutamakan kesenangan yang konsumtif tanpa mempertimbangkan pendapatan. Asal seseorang merasa senang maka berapapun uang yang harus dikeluarkan tidak menjadi masalah. Bagi anda yang ingin terbebas dari gaya hidup ini sebaiknya mulailah dengan membuat skala prioritas. Dimana skala prioritas ini akan memudahkan anda untuk mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan semata. Lakukan dengan mengurutkan kebutuhan tertinggi hingga yang terendah lalu sesuaikan dengan budget yang anda miliki.
  2. Berhati-hati dalam Bergaul
    Sebetulnya tidak ada larangan untuk berteman dengan siapa saja tetapi pastikan anda bisa memilih teman tanpa harus memandang kemampuan dan status sosial mereka. Dalam hal ini anda sebaiknya menjauhi orang-orang yang memiliki gaya hidup hedonis supaya anda tidak boros. Jika ingin bermain bersama tidak masalah jika hanya sekali atau dua kali namun jangan sampai keterusan.
  3. Menerapkan Hidup Sederhana
    Perlu anda ketahui bahwa hidup sederhana merupakan salah satu kunci dari kebahagiaan. Jika anda memiliki materi yang cukup sebaiknya jangan terlalu memamerkan. Terlebih jika harta yang anda pamerkan tersebut sebetulnya adalah harta orangtua dan bukan dari hasil jerih payah anda sendiri. Ubahlah kebiasaan hidup mewah dan suka menunjukkan apa yang dimililiki dengan hidup lebih sederhana. Dimana hidup yang sederhana ini akan membuat anda lebih bahagia tanpa harus menguras kantong.
  4. Kuatkan Iman
    Agar terhindar dari hedonisme yang bisa anda lakukan adalah dengan memperkuat iman. Upayakan agar anda tidak mudah terpengaruh oleh teman yang mengajak pergi kesana-sini hanya untuk menghabiskan uang. Selain itu mintalah pertolongan dari Tuhan supaya bisa terus berpegang teguh pada prinsip yang ingin anda terapkan.

Baca juga Bahagia Dengan Gaya Hidup Sederhana Anti Hedonisme

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara agar terhindari dari hedonisme yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Meskipun sifat hedonis ini cenderung sulit diubah, tetapi dengan niat serta kesungguhan maka secara perlahan anda bisa terbiasa menjauhi sifat ini sehingga hidup menjadi lebih bahagia tanpa harus berfoya-foya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *