Menjadi Religius Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Menjadi Religius Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Orang yang disebut religius tentunya adalah orang yang memang taat terhadap tuntunan dari agama yang dianutnya. Meskipun di dunia ini masih ada banyak orang yang menganut paham atheis namun keberadaan agama tentu memberi efek positif yang lebih banyak. Sebagian besar masyarakat di dunia ini menganut satu agama, baik Kristen, Islam, Budha, dan lain sebagainya. Indonesia pun mengakui beberapa agama yang memang umatnya diperbolehkan beribadah secara terbuka yang tentu patut disyukuri oleh warga negara kita.

Manfaat Agama dalam Kehidupan

Tak hanya memberikan efek positif pada rohani seseorang, agama yang dianutnya juga memberikan manfaat ke semua aspek kehidupannya. Secara garis besar agama ini mampu menghadirkan manfaat sebagai berikut:

Menjadi Religius Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

  • Memberikan tuntunan untuk hidup,

Semua agama mengajarkan pada kebaikan bagaimana cara bermasyarakat dan bagaimana cara menjadi pemeluk agama yang baik. Sikap saling menghormati pun ditegaskan oleh setiap agama sehingga ajaran agama ini menjadi tuntunan hidup. Agar tidak lagi mengulang masa primitif dimana tujuan manusia hanya bertahan hidup dan berkembang biak. Padahal bisa lebih dikembangkan agar mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang saling menolong.

  • Mengenal hal baik dan buruk,

Agama mengajarkan pemeluknya akan hal baik dan hal buruk dan dipertegas hal atau tindakan apa saja yang baiknya dilakukan dan yang musti dijauhi. Ajaran ini membuat siapa saja yang terlihat religius akan nampak tenang karena lebih dewasa dalam berpikir. Mereka tidak akan bertindak terlalu anarkis dan mementingkan diri sendiri karena diajarkan agamanya merupakan hal atau perlakuan buruk. Anda pun bisa membedakan mana yang perlu ditolong ketika ada pertikaian sebab tahu persis siapa korban dan siapa pelakunya.

  • Mendapatkan jawaban atas beberapa hal,

Di sekitar kita sebenarnya terdapat banyak hal yang perlu dipertanyakan namun sangat sulit untuk mendapatkan jawabannya. Secara menarik agama yang dianut memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang terbilang ganjil tersebut dengan mudah. Misalnya saja mengapa langit ada bintang, jika secara teori susah dijelaskan dengan ilmu akademik. Maka dengan agama Anda bisa menemukan jawabannya yakni karena Sang Pemberi Hidup menghendakinya, sebagai salah satu nikmat bagi seluruh makhluk di dunia.

  • Menyeimbangkan fisik dan jiwa,

Menurut Plato yang merupakan filsuf dari Yunani kuno pernah mengungkapkan jika keseimbangan antara raga dan jiwa sangat penting. Hingga saat ini ungkapan tersebut masih sangat relevan sebab untuk bisa bahagia seseorang tidak hanya butuh fisik yang sehat saja. Melainkan juga memerlukan jiwa dan pikiran yang sehat, sehingga perlu menjauhi sifat buruk seperti sombong, dengki, dan juga stress. Lewat ajaran agama setiap pemeluk agama dijamin lebih mudah mengatur keseimbangan tersebut karena dibuat lebih ikhlas maka tidak ada salahnya belajar untuk lebih religius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *