Berikut 4 Kiat Mencegah Hedonisme yang Terbilang Efektif

Berikut 4 Kiat Mencegah Hedonisme yang Terbilang Efektif

Gaya hidup hedonisme adalah salah satu gaya hidup yang merugikan pelakunya maupun orang sekitar, sebab menganut prinsip mencari kesenangan hidup. Fokus utama penganut gaya hidup ini adalah mencari kebahagiaan diri sendiri tanpa memperdulikan kebahagiaan orang sekitar. Bisa dikatakan mendorong pelakunya untuk menjadi pribadi yang egois namun dalam skala yang terbilang parah. Penganut gaya hidup ini biasanya ingin menjadi pusat perhatian, suka belanja produk mahal, dan tentunya suka nongkrong di tempat-tempat keren.

Mencegah Gaya Hidup Hedon

Sesekali menikmati hidup tentu tidak masalah malah menjadi kebutuhan, namun jika sudah berlebihan dijamin akan terkena virus hedonisme. Efeknya tentu tidak baik apalagi mengubah gaya hidup tidak bisa instan maka sebaiknya melakukan pencegahan. Agar tidak menjadi hedon Anda bisa melakukan tindakan preventif berikut ini:

Berikut 4 Kiat Mencegah Hedonisme yang Terbilang Efektif

  • Cermat membuat skala prioritas,

Kebutuhan manusia memang banyak Anda tentu menyadarinya apalagi jika sudah berumah tangga. Orang yang hedon cenderung acak dalam memenuhi kebutuhan dan mendahulukan yang membuatnya senang. Tentu pola semacam ini sangat boros dan bisa jadi saat memasuki usia pensiun jatuh miskin dan sengsara. Maka biasakan sejak awal menetapkan skala prioritas dan memenuhi kebutuhan vital terlebih dahulu.

  • Hati-hati dalam memilih pergaulan,

Memiliki banyak teman tentu semakin memberi kebahagiaan dalam hidup Anda sehingga kemana-mana tidak kesepian. Hanya saja musti bijak dalam memilih teman agar tidak membuat Anda menjadi hedonisme. Usahakan memilih teman yang memang tidak berlebihan dalam hidupnya supaya Anda tidak ketularan. Sebab ketika teman suka nongkrong dijamin Anda pun lambat laun akan suka kegiatan itu pula. Maka pilih teman bergaul yang memang kondisi ekonominya selaras.

  • Membiasakan diri hidup sederhana,

Hidup dengan sederhana sebenarnya menjadi kunci kebahagiaan dan wajib sekali untuk dilakukan. Ketika Anda memilih hidup sederhana maka pikiran dan hati akan tenang karena tidak perlu pamer harta dan takut kalah saing. Sifat suka pamer akan mempengaruhi lingkungan sekitar menjadi suka pamer juga dan pada akhirnya bersaing lalu muncul hubungan tidak sehat. Oleh sebab itu untuk terhindar dari paham hedon silahkan membiasakan diri hidup sederhana sekalipun mampu hidup mewah dan pamer dengan mudah.

Baca juga Ini Dia Cara Menjalani Hidup Bebas Dari Penyesalan Di Kemudian Hari

  • Memperkuat keimanan,

Lewat iman yang kuat maka seseorang tidak akan mudah tergoda untuk egois dan memikirkan kebahagiaan di dunia saja. Membekali diri dengan ilmu agama yang baik dan mencoba menjadi penganut agama yang baik pula. Bermanfaat sekali menjauhkan paham hedon dalam benak Anda sebab fokus Anda tidak hanya dunia melainkan juga di akhirat. Menjaga sikap baik dan mengikuti ajaran agama yang dianut melepaskan belenggu hedonisme dengan lebih mudah, maka mulailah dari sekarang memperdalam agama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *