Simak 4 Tips Ini Agar Anda Bisa Hidup Bermasyarakat yang Baik

Simak 4 Tips Ini Agar Anda Bisa Hidup Bermasyarakat yang Baik

Manusia merupakan makhluk sosial sehingga tidak bisa hidup sendiri perlu bantuan orang lain, maka jaga kerukunan hidup bermasyarakat. Sebab dalam kehidupan sehari-hari Anda tentu tidak hanya membutuhkan bantuan keluarga sendiri melainkan juga tetangga. Tetangga adalah salah satu anggota masyarakat terdekat dengan Anda yang tentu dalam situasi tertentu bisa memberi bantuan melebihi saudara sendiri. Tidak salah rasanya jika menjaga hubungan baik dengan tetangga sekitar maupun yang jauh dan rupanya diakui banyak orang jalanya tidak mudah.

Tips Menjaga Hubungan Baik di Dalam Masyarakat

Terdapat banyak hal yang membuat kerukunan dalam bertetangga terganggu, agar Anda bisa hidup nyaman cobalah untuk menjadi tetangga yang baik. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

Simak 4 Tips Ini Agar Anda Bisa Hidup Bermasyarakat yang Baik

  • Ramah dan murah senyum,

Menjadi pribadi yang ramah adalah sebuah kebutuhan dan kewajiban jika sudah terjun di lingkungan masyarakat. Keramahan Anda serta mau tersenyum dan bertegur sapa akan membuat orang sekitar menyukai penghargaan Anda. Usahakan tidak menjadi pribadi yang sombong hingga tidak mau menyapa saat melintas di depan tetangga atau siapapun. Sebab bisa jadi orang sekitar akan acuh terhadap apa yang Anda alami di kemudian hari.

  • Saling membantu dan gotong royong,

Membantu sesama tentu menjadi bumbu terbaik untuk terjun bermasyarakat sehingga menciptakan kerukunan. Usahakan untuk terbiasa ringan tangan dalam membantu siapapun di sekitar Anda sehingga nantinya berjalan prinsip timbal balik. Manakala Anda juga memerlukan bantuan tetangga tentu mereka tidak akan segan untuk memberikan bantuan yang Anda butuhkan tersebut. Supaya bisa lebih rukun maka Anda perlu mengikuti berbagai kegiatan gotong royong misalnya bersih-bersih menjelang 17 Agustus.

  • Beribadah bersama-sama,

Kerukunan dalam kehidupan bertetangga akan semakin mudah didapatkan atau dibentuk jika Anda juga berbaur. Salah satu cara yang cukup mudah adalah dengan menjalankan ibadah bersama-sama. Bagi umat muslim bisa meluangkan waktu sholat di Mushola ataupun masjid sehingga ada kesempatan bersua dan bertegur sapa dengan tetangga sekitar. Bagi yang nasrani bisa ke gereja bersama dan bertegur sapa pula di tempat ibadah tersebut sekali dalam seminggu. Beribadah bersama mampu membangun hubungan baik sehingga sangat patut untuk dicoba.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Membiasakan diri hidup sederhana,

Menjaga kerukunan ternyata tidak hanya berkaitan dengan keramahan dan juga keinginan Anda untuk saling membantu. Namun menjaga gaya hidup ternyata juga ikut mempengaruhi karena sudah menjadi lagu lama jika gaya hidup tetangga mempengaruhi gaya hidup tetangga lainnya. semisal Anda sering pamer aset, prestasi anak, sampai suka berpenampilan wah dijamin tetangga sekitar tidak suka dan kadang yang merasa mampu justru mengajak bersaing. Lambat namun pasti ribut dengan tetangga akan terjadi oleh sebab itu ketika sudah hidup bermasyarakat disarankan tetap hidup sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *