Tips Mempersiapkan Tubuh Sambut Ibadah Puasa

Tips Mempersiapkan Tubuh Sambut Ibadah Puasa

Tidak lama lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan. Salah satu amalan yang tidak pernah terlewat saat bulan Ramadhan tiba adalah menjalankan ibadah puasa. Puasa sendiri memiliki arti menahan. Tidak hanya menahan diri dari tidak makan dan minum saja menjelang berbuka, namun juga menjaga diri dari hawa nafsu yang bisa menyebabkan batal puasa. Puasa bisa menjadi pengingat untuk bisa berempati pada mereka di luar sana yang bahkan mengalami kelaparan setiap harinya. Sehingga dengan berpuasa kita akan menjadi lebih bersyukur masih diberikan kenikmatan berupa tersedianya kebutuhan makan dan minum, serta kondisi tubuh yang sehat.

Tips Mempersiapkan Tubuh Sambut Ibadah Puasa

Di awal-awal puasa terkadang tubuh belum begitu siap dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman sepanjang hari sebelum berbuka. Sehingga tak jarang badan terasa lemas dan tidak bersemangat untuk melakukan kegiatan apapun. Untuk itu menjelang puasa yang tinggal beberapa hari lagi, Anda perlu mempersiapkan tubuh dengan sebaik-baiknya. Sehingga Anda bisa menjalani puasa selama sebulan penuh dengan kondisi tubuh yang fit. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Mengkonsumsi makanan.

Anda tidak harus mengurangi porsi makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Hal ini hanya akan meningkatkan rasa lapar dan menghambat puasa Anda. Anda hanya perlu mengatur pola makan saja dengan tetap mempertahankan porsi makan Anda setiap harinya.

  • Sarapan pagi.

Saat menjalankan ibadah puasa, peranan sahur ini sangat penting. Dengan membiasakan sarapan pagi sebelum menjelang puasa, maka Anda nantinya juga akan terbiasa untuk menjalankan sahur. Seperti sarapan yang berguna sebagai nutrisi otak, sahur pun juga berlaku demikian. Untuk itu jangan sampai melewatkan kesempatan bersahur. Selain baik untuk tubuh, juga akan mendapatkan pahala dari bersahur.

 

  • Mengurangi ngemil.

Kebiasaan mengemil setiap harinya akan menghambat puasa Anda nantinya. Untuk itu kurangi kebiasaan mengemil secara perlahan-lahan sehingga saat puasa Anda tidak terasa berat.

  • Mengurangi konsumsi kafein.

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi setiap harinya, sebaiknya kurangi kebiasaan ini sedikit demi sedikit. Mengkonsumsi kafein selama berpuasa bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi. Karena kafein lebih mudah menimbulkan rasa haus dan lebih sering ingin buang air kecil.

  • Mengurangi konsumsi rokok.

Agar puasa lancar, sebaiknya kurangi juga kebiasaan merokok Anda. Merokok di siang hari selain bisa membatalkan puasa juga tidak baik untuk kesehatan.

  • Mengatur waktu tidur.

Agar Anda tidak ketinggalan waktu sahur, Anda harus mengatur waktu tidur Anda dengan baik. Anda bisa terkejut lagi dengan perubahan-perubahan, seperti bangun lebih dini untuk sahur.

  • Stok makanan.

Di awal puasa terkadang masih malas mempersiapkan makanan untuk bersahur. Untuk itu tidak ada salahnya mempersiapkan stok makanan yang cukup.

Baca juga Merawat Tubuh Tetap Sehat Dari Dalam Dengan Melakukan Ibadah

  • Berkonsultasi dengan dokter.

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar ibadah puasa Anda nantinya lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *