Mengenal Manfaat Arisan Berdasar Penuturan Konsultan Keuangan

Mengenal Manfaat Arisan Berdasar Penuturan Konsultan Keuangan

Keuangan tentu wajib diatur dengan sedemikian rupa baiknya sehingga bisa mencukupi untuk semua kebutuhan. Di rumah tangga, pengatur keuangan yang memiliki kontrol paling besar adalah para Ibu. Tak hanya mengatur keuangan saja, biasanya para Ibu juga punya aktivitas luar lain yang berhubungan dengan keuangan yakni arisan. Tentu Anda sudah akrab dengan aktivitas yang satu ini dimana biasa dijadikan ajang kumpul-kumpul antar Ibu-Ibu.

Mengenal Manfaat Arisan Berdasar Penuturan Konsultan Keuangan

Untuk bentuk dari ajang kumpul para Ibu ini biasanya dengan anggota mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu dimana jumlahnya adalah hasil dari kesepakatan bersama. Selanjutnya seluruh anggota berkumpul lalu melakukan undian. Di undian itu sudah tertera seluruh nama anggotanya dan nama yang keluar dari undian akan bisa dapatkan kesempatan membawa pulang seluruh uangnya. Untuk pertemuan selanjutnya, nama anggota tersebut akan dicoret dari undian namun masih tetap harus menyetorkan uang iurannya, begitu terus sampai semua anggota dapatkan uangnya.

Untuk uang iuran di tiap grup berbeda-beda. Ada yang mulai dari puluhan ribu, dan tak sedikit pula para sosialita yang kerapkali iuran dengan angka sampai milyaran. Tentunya ini semua bergantung dari grup masing-masing dan kesepakatan pada tiap anggotanya. Tak hanya uang, kadang aktivitas ini juga bisa jadi cara untuk mendapatkan logam mulia hingga elektronik dan kendaraan. Meski hanya dianggap aktivitas yang sia-sia, sebetulnya banyak juga manfaat dari arisan ini berdasar para konsultan keuangan, misalnya:

  • Bisa menjadi sarana untuk sosialisasi dan juga silaturahmi antar anggotanya. Tak semata menambah teman, ajang berkumpul ini pun bisa membuka networking sehingga memungkinkan untuk bisnis dan tujuan keuntungan lainnya.
  • Tak semata iuran saja, namun Anda sebagai anggota juga bisa mendapat kesempatan untuk tawarkan barang atau jasa yang jadi bisnis Anda sehingga bisa menambah pemasukan. Untuk beberapa barang atau jasa misalnya kosmetik, aksesoris, fashion dan masih banyak lagi.
  • Biasanya para anggota ikut ajang kumpul-kumpul ini juga sebagai sarana untuk bisa hilangkan beban pikiran serta stres yang ada di pikiran. Dengan mengobrol antar sesama anggota dan teman, tentunya beban pikiran akan lebih berkurang sehingga pikiran pun kian rileks.
  • Para anggota, yang umumnya Ibu-Ibu, pun akan bisa menambah aktivitasnya sehingga tidak akan bosan karena hanya berkutat dengan urusan rumah dan pekerjaan.

Baca juga Inilah Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Pada Saat Arisan

Itulah beberapa manfaat arisan yang dipaparkan oleh para konsultan keuangan. Memang setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Meski demikian, hal ini bergantung dari cara seseorang menyikapi aktivitas tersebut. Anda pun bisa jadi anggota perkumpulan semacam ini, namun usahakan untuk ikut di grup yang memang sesuai dengan kemampuan Anda dan bukan hanya sekedar gengsi semata.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *