Lakukan Tips Sehat Berikut Ini Agar Pencernaan Anda Lancar

Lakukan Tips Sehat Berikut Ini Agar Pencernaan Anda Lancar

Sistem pencernaan yang berjalan lancar tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Selain akan nyaman untuk tubuh, juga dapat membantu mempertahankan kesehatan. Tubuh akan mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik sehingga kebutuhan nutrisi tubuh menjadi terpenuhi. Terkadang kita mengalami masalah pencernaan, seperti perut mulas atau tidak nyaman. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya bisa disebabkan karena memakan makanan yang kurang tepat dan tidak cocok dengan sistem pencernaan. Jika hal ini sering terjadi, menjalankan tips sehat perlu untuk Anda lakukan.

Agar sistem pencernaan lancar, ubah kebiasaan-kebiasaan buruk Anda terlebih dahulu. Menerapkan pola hidup sehat harus Anda lakukan jika tidak menginginkan masalah pencernaan yang lebih serius ke depannya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem pencernaan Anda bisa bekerja dengan baik, antara lain sebagai berikut:

Lakukan Tips Sehat Berikut Ini Agar Pencernaan Anda Lancar

  • Mengkonsumsi makanan yang berserat.

Tips sehat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Makanan yang berserat sangat baik untuk sistem pencernaan. Penuhi kebutuhan serat harian sekitar 25 gr per harinya agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih lancar. Dengan menjaga sistem pencernaan dengan baik, Anda akan terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, wasir, dan sindrom iritasi usus. Selain juga membantu menjaga berat badan. Makanan berserat bisa diperoleh dari berbagai sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Mengkonsumsi probiotik.

Probiotik adalah bakteri baik yang serupa dengan bakteri baik dalam usus. Bakteri ini mampu untuk menjaga tubuh saat melawan bakteri jahat, meningkatkan penyerapan nutrisi, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan probiotik bisa diperoleh dari jenis makanan fermentasi, seperti yogurt, tempe, oncom, dlsb.

  • Membatasi konsumsi lemak.

Mengkonsumsi lemak terlalu berlebih tidak baik untuk sistem pencernaan Anda. Lemak adalah nutrisi yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga membuatnya bertahan cukup lama dalam sistem pencernaan. Anda akan merasa kenyang setelah memakan makanan yang berlemak, namun akan memberikan efek tidak nyaman pada pencernaan. Untuk itu batasi konsumsi jenis makanan yang berlemak.

  • Minum banyak air putih.

Air putih sangat baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Air dapat memecah lemak dan serat larut air sehingga tubuh bisa mencernanya dengan lebih mudah.

  • Aktif bergerak.

Kegiatan yang aktif bergerak seperti olahraga akan membantu kerja sistem pencernaan menjadi lebih baik. Orang yang aktif bergerak cenderung akan memiliki sistem yang lancar dibandingkan dengan mereka yang malas untuk bergerak.

  • Hindari stress.

Tips sehat yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghindari stress. Stress bisa mempengaruhi anggota tubuh secara keseluruhan, termasuk salah satunya pada sistem pencernaan. Anda bisa mencari cara Anda sendiri untuk mengatasi stress, seperti menjalankan hobi sehingga dampak stress bisa lebih terkontrol.

Baca juga http://gayahidupmu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *