Lakukan 5 Hal Ini Agar Anda Istiqomah Setelah Hijrah

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anda Istiqomah Setelah Hijrah

Bagi beberapa orang mungkin berhijrah masih terbilang sangat awam untuk dipahami. Dikutip dari berbagai sumber, hijrah dalam bahasa berarti memutuskan hubungan. Seperti contoh seseorang yang meninggalkan kampung halamannya untuk menuju ke tempat lain. Sehingga dalam hal ini, telah memutuskan hubungan antara dirinya dengan kampung halamannya. Dalam konteks Islam, memiliki pengertian yang berbeda lagi, yaitu memutuskan atau meninggalkan apa yang dibenci Allah menuju kepada apa yang dicintai-Nya.

Proses berhijrah antara satu orang dengan yang lainnya bisa dikarenakan alasan yang berbeda-beda. Namun memiliki satu kesamaan yaitu mencari ridho dari Allah SWT. Banyak yang berpendapat jika berhijrah itu mudah untuk dilakukan, namun untuk terus istiqomah itulah yang sulit dilakukan. Saat berhijrah akan banyak sekali dijumpai godaan-godaan yang terkadang bisa meruntuhkan niat awal untuk berhijrah. Tak jarang kita melihat teman atau artis-artis yang memutuskan untuk melepas hijab karena kalah dengan godaan duniawi. Agar Anda tetap istiqomah setelah berhijrah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membentengi diri dari berbagai godaan-godaan yang ada:

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anda Istiqomah Setelah Hijrah

  • Niat yang bulat.

Salah satu point penting yang harus ada saat memutuskan untuk hijrah adalah niat yang sungguh-sungguh. Dengan niat yang sungguh-sungguh maka sekeras apapun godaan yang ada akan sanggup dihadapi. Terus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan untuk menjaga keistiqomahan dalam berhijrah.

  • Mencari lingkungan yang tepat.

Lingkungan perlu diperhatikan saat Anda memutuskan berhijrah. Teman dan lingkungan yang tepat akan mendukung proses berhijrah kita menuju ke arah yang lebih baik. Carilah teman-teman yang sudah ataupun sama-sama berjuang menjaga keistiqomahan dalam berhijrah. Bisa dipastikan antara satu dengan yang lainnya nanti akan saling mensupport satu sama lain agar lebih baik.

  • Memperbanyak bacaan dan pemahaman arti Al Qur’an.

Al Qur’an merupakan salah satu penyejuk hati. Dengan Anda sering membacanya, akan memberikan ketenangan untuk pikiran dan hati Anda. Dari Al Qur’an Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang ilmu agama lewat terjemahan atau makna yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

  • Sering datang ke kajian muslim.

Agar hati tidak gersang, siraman rohani dari berbagai kajian bisa bermanfaat untuk Anda. Anda bisa mendapatkan penguatan iman lewat kajian-kajian yang diikuti. Untuk itu pergunakan waktu luang Anda seperti pada akhir pekan untuk mengikuti kajian muslim. Saat ini hampir di setiap kota memiliki kajian rutin muslim yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. 

  • Memperbanyak dzikir.

Agar hijrah Anda tetap istiqomah, mengamalkan dzikir dalam kehidupan sehari-hari juga bisa Anda lakukan. Dzikir memurnikan akidah dan menebarkan sunnah. Dzikir juga mampu untuk mendekatkan hubungan kita dengan Allah SWT karena dalam setiap dzikir kita memanggil nama Allah SWT.

Baca juga http://gayahidupmu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *