Inilah Hal-hal yang Bisa Dilakukan Pada Saat Arisan

Inilah Hal-hal yang Bisa Dilakukan Pada Saat Arisan

Arisan merupakan kegiatan sekelompok orang untuk mengumpulkan uang secara teratur pada periode pertemuan tertentu. Uang yang terkumpul ini nantinya akan diundi dengan cara dikocok untuk menentukan salah satu dari anggota kelompok yang keluar sebagai pemenang. Penentuan pemenang memang berbeda-beda, ada yang dengan cara diundi seperti kebanyakan atau dengan cara perjanjian sebelumnya yang sudah disepakati oleh seluruh anggota kelompok. Anggota yang menjadi pemenang biasanya akan memiliki kewajiban untuk menggelar acara yang sama pada periode pertemuan yang selanjutnya.

Inilah Hal-hal yang Bisa Dilakukan Pada Saat Arisan

Di Indonesia, kegiatan yang satu ini sudah menjadi bagian dari budaya di masyarakat. Umumnya dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga, anggota keluarga tertentu, bahkan oleh anak muda. Meskipun budaya yang satu ini bertujuan untuk menghimpun uang dan di akhir acara menentukan pemenangnya, namun ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dan lakukan saat mengikutinya, antara lain sebagai berikut:

  • Silaturahmi.

Lewat acara arisan Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan anggota kelompok yang lain. Mengingat para anggota biasanya sudah menyiapkan waktu untuk saling bertemu antara satu dengan yang lainnya disela-sela padatnya aktivitas yang dijalani setiap anggota masing-masing. Melalui pertemuan ini Anda akan berjumpa dengan beberapa anggota yang kemungkinan tidak bisa kita jumpai setiap harinya. Sehingga acara atau kegiatan yang satu ini bisa digunakan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dan menjalin suasana kekeluargaan.

  • Berbagi info promo dan pekerjaan.

Hal yang biasanya terjadi saat acara berlangsung adalah saling bertukar cerita maupun informasi antara anggota yang satu dengan anggota yang lain. Informasi yang sering dijadikan perbincangan biasanya berupa promo-promo menarik tentang produk dengan harga yang murah, hingga berbagi informasi tentang pekerjaan yang sedang mereka tekun. Bahkan tak jarang beberapa diantara anggotanya membagikan peluang kerja kepada anggota yang lainnya.

  • Ajang untuk menabung.

Selain berkesempatan untuk mendapatkan undian uang yang telah dikumpulkan oleh anggota kelompok, Anda juga bisa menjadikan acara atau kegiatan yang satu ini sebagai ajang untuk menabung. Anda bisa menyimpan uang serta bisa mengambilnya sewaktu-waktu jika ingin segera diperlukan untuk kebutuhan yang mendesak.

 Baca juga Waspadai Penipuan Berkedok Arisan Online

Umumnya arisan memang dalam bentuk uang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jenis iuran untuk kegiatan yang satu ini bisa dalam bentuk selain uang. Misalnya pada ibu rumah tangga yang saat ini menggalang iuran atau menggalang dana dalam bentuk sembako, seperti beras, gula, minyak, atau bahkan hasil pertanian lainnya. Untuk beberapa kalangan ada yang menggunakan iuran berupa perhiasan, saham atau emas. barang yang ditentukan sebagai iuran atau penggalangan dana yang akan diundi memang cukup bervariasi. Namun tentu saja hal ini sudah didiskusikan dengan seluruh anggota kelompok lainnya terlebih dahulu, sehingga terjadi kesepakatan dan saling diuntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *