Kiat-kiat Jitu Tetap Sehat Ketika Liburan

Kiat-kiat Jitu Tetap Sehat Ketika Liburan

Momen liburan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal padat dengan rutinitas harian. Meskipun menyenangkan, sebagian orang mungkin lupa untuk tetap menjaga kesehatannya saat tidak bekerja akibatnya tidak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan.

Kiat-kiat Jitu Tetap Sehat Ketika Liburan

Wisata Kuliner

Liburan biasanya menjadi momen dimana pengusaha kuliner menjamur dan menyajikan beragam makanan khas yang lezat nan menggoyang lidah di lokasi-lokasi wisata. Namun jangan khawatir, Anda yang mendambakan momen untuk bisa berwisata kuliner tetap dapat melakukannya tanpa harus takut menjadi gemuk dan mendapat banyak komplain saat masuk kerja. Hal ini bisa Anda lakukan asalkan tetap berhati-hati dalam memilih dan menikmati beragam sajian kuliner khas destinasi wisata yang sedang Anda kunjungi.

Tips Memanfaatkan Moment Liburan dengan Sehat

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan terutama saat berwisata kuliner di momen liburan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan, antara lain:

  1. Hal yang paling utama dan harus benar-benar Anda perhatikan adalah porsi makanan. Prinsip inilah yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan serta berat badan yang Anda miliki, sehingga Anda bisa membatasi seberapa banyak makanan yang bisa Anda nikmati.
  2. Mengunyah. Kegiatan yang satu ini kadang sering disepelekan padahal mengunyah dengan cepat akan membuat lingkar pinggang Anda bertambah lebar apalagi dengan mengunyah makanan secara cepat membuat Anda mudah kembung. Hal ini disebabkan adanya udara yang ikut masuk saat tertelan. Hendaknya makanlah dengan mengunyah secara perlahan.
  3. Makanan manis. Makanan dengan komposisi gula yang banyak sangat perlu untuk Anda hindari karena umumnya makanan ini memiliki kalori tinggi. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan tiga gigitan untuk makanan manis dan jangan sampai meletakkan lebih dari satu makanan dengan rasa manis tinggi di dalam satu piring.
  4. Mengalihkan perhatian adalah salah satu cara untuk Anda menghindari bertambahnya berat badan. Banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan tanpa harus berwisata kuliner dan pastinya akan memberikan momen terbaik dengan nuansa berbeda. Bahkan Anda bisa mendaki untuk mengisi waktu liburan, wisata ini justru bisa membantu Anda mengurangi kalori yang ada di dalam tubuh.
  5. Olahraga. Mungkin saat bekerja Anda jarang berolahraga, momen luang inilah bisa Anda manfaatkan dengan berolahraga saat pagi hari. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mengontrol nafsu makan.
  6. Minuman beralkhohol. Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa alkhohol memiliki kandungan kalori yang cukup banyak dan mempengaruhi berat badan seseorang. Hindari mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan saat Anda tidak bekerja, lebih baik Anda menggantinya dengan minum air putih.
  7. Pakaian. Siapa sangka mengenakan pakaian bisa mengurangi nafsu atau keinginan Anda untuk makan dengan porsi banyak. Anda bisa mengaplikasikannya dengan memilih pakaian yang agak ketat saat digunakan untuk bepergian, hindari pakaian longgar yang akan membuat Anda merasa lebih leluasa makan.

Baca juga Ingin Liburan Ke Bali? Jangan Lupakan Pantangan Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *