3 Aktivis Indonesia yang Paling Terkenal

3 Aktivis Indonesia yang Paling Terkenal

Aktivis merupakan orang yang berjuang untuk perubahan dan melakukan sesuatu untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan tersebut. Ada banyak hal yang bisa diperjuangkan karena banyaknya isu yang terjadi baik itu dari buruh, pendidikan, lingkungan hidup, hak asasi manusia, perlindungan satwa, dan juga berbagai hal lainnya yang mempunyai masalah dan bisa diperjuangkan agar terjadi perubahan yang lebih baik. Di Indonesia tentunya mempunyai banyak nama pejuang yang terkenal dan muncul dipermukaan. Tetapi mungkin tidak ada yang menyangkal bahwa tidak orang pejuang yang paling terkenal adalah tiga nama tokoh di bawah ini.

3 Aktivis Indonesia yang Paling Terkenal

  • Seo Hok Gie

Nama pertama yagn dikenal di Indonesia adalah Soe Hok Gie yang dikenal oleh masyarakat luas dengan bukunya dan juga film yang mengangkat kisahnya dan diperankan oleh tokoh terkenal Nicholas Saputra. Gie merupakan tokoh yang merupakan MAPALA UI dan juga banyak mengilhami mahasiswa untuk naik gunung. Ia sendiri merupakan seorang yang ingin perubahan dimana hal tersebut dilakukan dengan cara membuat tulisan. Ia juga tidak segan untuk mengkritik pemerintah yang dianggapnya banyak berfoya kala itu. Saat ini nama Gie sendiri masih menjadi salah satu nama yang diingat dan populer di masyarakat terutama di kalangan terdidik.

  • Wiji Thukul

Biji yang tumbuh, begitulah arti nama aktivis yang sangat populer dan terkenal dengan sajaknya yang realis dan berani. Wiji Thukul merupakan seorang pejuang dari yang tumbuh dari kalangan yang dibelanya sendiri bukan dari lembaga pendidikan seperti banyak lainnya. Ia mempunyai fokus perjuangan membela kaumnya sendiri yaitu kaum buruh dimana ia juga merupakan buruh itu sendiri. Wiji Thukul sendiri merupakan salah satu dari 13 orang yang masih dinyatakan hilang hingga sekarang dan menjadi korban penculikan Tim Mawar. Ia sendiri melakukan perjuangan dengan banyak hal yaitu dengan menulis puisi, demo turun ke jalan, dan juga masuk politik dengan bergabung dengan PRD.

  • Munir

Dan nama yang paling terkenal selanjutnya adalah Munir Said Thalib. Ia merupakan ketua komnas HAM yang di racun ketika akan berangkat melanjutkan studinya. Nama yang satu ini masih diingat banyak orang karena keberaniannya dalam membela hak asasi manusia di Indonesia. Ia membela korban penculikan yang dilakukan oleh tim mawar dan juga korban lainnya yang menjadi masalah HAM di Indonesia.

Baca juga Topik Yang Sering Menjadi Penyebab Demonstrasi

Dan tiga nama di atas merupakan aktivis yang terkenal dan masih dikenang hingga sekarang. Ketiganya sendiri mempunyai nasib yang hampir sama, dimana Gie mati muda ketika sedang mendaki gunung. Walaupun kematiannya disebabkan karena menghirup gas beracun tetapi juga banyak yang percaya bahwa ia mati di racun. Sama halnya dengan Munir, dan Wiji Thukul yang masih hilang hingga sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *