Awas Demonstrasi, Ini Dia Tips Terhindar Terlambat Berangkat Kerja Saat Ada Demo

Awas Demonstrasi, Ini Dia Tips Terhindar Terlambat Berangkat Kerja Saat Ada Demo

Indonesia memang negara yang berdemokrasi. Dengan demikian maka tak heran jika setiap warga negara bebas untuk memberikan pendapatnya. Mengutarakan pendapat pun bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya secara tertulis, hingga secara lisan. Salah satu cara yang banyak dipilih adalah dengan menggelar aksi demonstrasi. Biasanya demo ini pun bukan hanya sekedar mengutarakan pendapat semata namun juga memberikan tuntutan kepada pihak yang didemo.

Awas Demonstrasi, Ini Dia Tips Terhindar Terlambat Berangkat Kerja Saat Ada Demo

Aksi demo ini sangat umum terjadi mulai dari kampus hingga di kota besar. Tentunya para peserta demo tidak akan mau berdemo hanya di lapangan atau di tempat sepi melainkan selalu memilih lokasi yang banyak orang, vital dan rawan kemacetan. Hal ini dilakukan supaya para pendemo bisa mendapatkan perhatian dari pihak yang akan didemonya. Lokasi strategis tersebut memang mampu menjadikan para pendemo bebas utarakan pendapat dan tuntutan, namun di sisi lain juga kerapkali ganggu lalu lintas.

Mungkin Anda sudah pernah punya pengalaman demikian dimana terlambat masuk kerja karena alasan ada demonstrasi di perjalanan. Anda pun harus bingung mendadak putar arah, panas-panasan hingga macet-macetan. Belum lagi sampai di kantor kena tegur atasan. Oleh karena itu, sebelum itu semua terjadi ada sebaiknya melakukan tips ini:

  • Mencari informasi

Anda harus selalu mencari informasi dan update berita yang terbaru terkait aktivitas demo. Perlu Anda tahu jika demo ini dilakukan tidak serta merta saja melainkan para demonstran memiliki jadwalnya dan juga sudah ada izin dari kepolisian sehingga infonya akan bisa terendus. Anda bisa ikut beberapa grup masyarakat yang biasa memberikan informasi tentang hal ini sebagai langkah antisipasi.

  • Berangkat lebih pagi

Jika sudah tahu bahwa ada area yang akan Anda lewati biasanya akan ada demo, maka jangan berangkat seperti biasa. Bangunlah lebih awal dan berangkat lebih pagi. Lebih baik kepagian ke kantor dibanding terlambat bukan?

  • Cari jalur alternatif

Terkadang meski sudah berangkat pagi namun jalanan utama yang dilewati sudah diberikan garis atau sudah tidak boleh dilewati semenjak pagi. Jika memang demikian, terpaksa Anda harus cari jalur alternatif lain. Biasanya para polisi dengan senang hati akan membantu Anda mendapatkan jalan alternatif lainnya sehingga Anda pun dapat selamat dan terhindar dari banyaknya kerumunan masa demonstran.

Baca juga Topik Yang Sering Menjadi Penyebab Demonstrasi

Tips tersebut tentu berlaku ketika aktivitas demonstrasi sudah diketahui sebelumnya. Namun bagaimana jika Anda tidak tahu menahu jika akan ada demo? Tentunya tips terbaik adalah bersabar dan tidak boleh panik, apalagi marah pada para demonstran. Lebih baik ikuti alur saja dan biasanya sudah ada polisi yang membantu menertibkan atau memberikan arahan pada masyarakat sipil yang ingin lewat area demo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *