Tips Sehat Merawat Organ Intim Wanita

Tips Sehat Merawat Organ Intim Wanita

Sebenarnya, tanpa kita ketahui ada banyak hal yang mempengaruhi kehidupan seks kaum hawa, salah satunya seperti kesehatan organ intim. Masalah organ intim bisa menyebabkan penyakit bahkan mempengaruhi kehidupan sosialnya. Sekilas, organ intim wanita hanya seperti organ kecil yang mudah dirawat. Tetapi, jika dilihat lebih dalam lagi, organ intim berhubungan secara langsung dengan leher rahim. Organ ini lebih rumit dibandingkan dengan kelihatannya. Oleh sebab itu, perawatan harus dilakukan dengan baik dan tepat. Lantas bagaimana tips sehat untuk merawat organ intim?

Tips Sehat Merawat Organ Intim Wanita

Tips Sehat Membersihkan Organ Intim Wanita

Agar tidak ada masalah organ intim, ada beberapa cara tepat untuk membersihkannya, seperti:

  • Basuh vagina dengan arah depan ke belakang saat buang air. Dengan cara ini akan meminimalisir bakteri masuk dalam vagina. Jika memungkinkan, basuh menggunakan air hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk bersih agar tak lembab.
  • Jika menggunakan tissue untuk mengeringkan organ intim, pilih tisue yang lembut. Perhatikan juga agar serat tisu tak menempel di permukaan vagina karena bisa mengakibatkan gatal.
  • Penggunaan serta perawatan pakaian dalam juga harus diperhatikan dengan baik. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun sehingga lebih terasa nyaman.
  • Perawatan pakaian dalam juga bisa mempengaruhi kesehatan organ intim usahakan mencuci pakaian dalam yang baru saja dibeli sebelum menggunakannya.

Cairan Khusus Pembersih Organ Intim

Organ intim sebenarnya merupakan organ tubuh yang mempunyai kemampuan membersihkan dirinya sendiri dengan cairan vagina. Vagina mempunyai bakteri yang memiliki sifat melindungi area organ intim. Bakteri ini harus seimbang, entah jumlah atau pun kualitas. Bakteri ini bisa membuat suasana asam pada vagina tetap di angka 4,5.

Cairan pembersih organ intim memang bisa membersihkan area vagina. Namun, cairan ini benar-benar membersihkan seluruhnya, termasuk bakteri yang normal berada di organ intim wanita dan bertugas melindungi vagina. Selama ini juga belum ada penelitian yang bisa membuktikan jika cairan pembersih vagina bisa melindungi organ intim wanita dari adanya infeksi.

Baca Juga : Menilik Beberapa Tips Cepat Hamil Yang Bisa Dilakukan Untuk Pasangan Muda

Penyebab Gangguan Organ Intim Wanita

Banyak hal yang bisa menyebabkan vagina terganggu, selain tips sehat dengan secara rutin membersihkannya, Anda juga harus mengetahui penyebab dari gangguan vagina. Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

  • Perubahan hormon. Wanita yang telah mengalami masa menopause, hormon esterogen mereka berkurang. Perubahan ini memberikan pengaruh pada organ intim sehingga lapisan vagina menjadi menipis.
  • Masalah seks. Bila Anda sering melakukan gerakan seks tertentu yang memiliki sifat memaksa, hal tersebut dapat membuat vagina menjadi terasa tak nyaman. Bahkan juga bisa terjadi infeksi menular seksual.
  • Stress. Mungkin Anda tak menyadari jika stress juga memiliki kaitan dengan kesehatan organ intim. Jika Anda stress keinginan hubungan seks tidak ada, bila tetap berhubungan, organ intim menjadi terasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *