Ini Dia 5 Sayur yang Ternyata Hanya Ada di Indonesia dan Sudah Mulai Langka

Ini Dia 5 Sayur yang Ternyata Hanya Ada di Indonesia dan Sudah Mulai Langka

Agar seseorang bisa hidup dengan baik dan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan setiap harinya, maka selain berolahraga dengan teratur juga butuh makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran. Sayur atau vegetable atau yang hanya disebut dengan vegie ini merupakan sebutan untuk bahan pangan yang berasal dari tumbuhan dan umumnya mengandung banyak kadar air yang tinggi serta vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yang bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam kondisi yang segar atau harus diolah/dimasak terlebih dahulu.

Ini Dia 5 Sayur yang Ternyata Hanya Ada di Indonesia dan Sudah Mulai Langka

Dari sekian banyak vegie yang ada di Indonesia, terdapat 5 jenis yang hanya ada di Indonesia namun saat ini sudah mulai jarang ditemukan atau dimasak. Pertama adalah daun ubi jalar. Ubi jalar biasanya dikonsumsi dengan cara dibakar atau direbus dan dimakan saat kondisinya masih hangat. Namun, daunnya, ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu bahan makanan seperti untuk plencing atau dibuat masakan bening. Jenis masakan dari olahan bahan ini misalnya untuk sup harus dikonsumsi saat hangat karena jika tidak selain kuah akan berubah warna, rasanya juga tidak akan sesegar saat masih hangat.

Kedua adalah genjer. Sayur ini dahulunya sering diibaratkan sebagai makanan kaum bawah atau makanan orang miskin. Hal ini disebabkan karena genjer hanya bisa ditemukan di sawah atau perairan dangkal dan termasuk sebagai tumbuhan liar. Walaupun jika di pedesaan dijual dengan sangat murah bahkan bisa diberikan secara Cuma-Cuma, namun jika Anda menemukannya di swalayan, harga dari bahan makanan yang bisa dibuat untuk tumis ini bisa sangat mahal.

Ketiga adalah kecipir. Sama seperti genjer, kecipir termasuk sebagai bahan makanan yang jarang dilirik. Di Indonesia, Papua menjadi tempat dimana tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi. Memiliki nama lain sebagai kacang botol ini, biasanya digunakan sebagai salah satu bahan makanan untuk lalapan, urap-urap ataupun untuk pecel.

Simak juga Menjadi Sayur Terpahit, Ternyata Pare Dapat Memberikan Banyak Keuntungan Untuk Anda  

2 jenis sayur yang lain yang hanya ada di Indonesia namun sudah mulai jarang ditemukan adalah:

  • Jantung pisang yang biasanya ada di pisang. Untuk mengolah bunga pisang ini butuh cara yang tepat agar rasa masakannya menjadi enak. Akan tetapi, kini bahan makanan yang kalau di Jawa disebut dengan tuntut ini umumnya dijual di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.
  • Rebung atau anak bambu. Jika biasanya bambu hanya dimanfaatkan untuk membangun rumah ataupun untuk kepentingan lain misalnya untuk membuat suatu aksesoris, maka Anda bisa menggunakan anak bambu atau tunas pohon bambu yang masih muda ini untuk bahan masakan. Untuk menghilangkan bau pesing pada bahan makanan yang memiliki warna kuning ataupun putih tulang ini, maka Anda harus merebusnya dengan air kelapa. Baru kemudian diolah dan mendapatkan rasa renyah dari bung ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *