Tips Memilih Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Tips Memilih Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Saat masih berstatus mahasiswa baru tentu Anda akan sangat dibingungkan dengan banyaknya hal saat di awal masa perkuliahan. Biasanya kebingungan tersebut dikarenakan banyak faktor, seperti ruang perkuliahan yang ada di kampus, memilih teman yang sesuai, serta bingung saat memilih organisasi kampus. Agar Anda tidak hanya melulu berkutat dengan kegiatan belajar saja selama masa perkuliahan, kegiatan berorganisasi bisa Anda lakukan. Selain akan menumbuhkan sifat-sifat positif seperti kepemimpinan, tanggung jawab, amanah, dlsb, Anda juga akan mendapatkan ilmu yang berharga yang tidak bisa Anda dapatkan saat perkuliahan di dalam kelas.

Tips Memilih Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Berbeda dengan saat di sekolah menengah, berorganisasi di kampus diwajibkan mengikuti beberapa hal yang benar-benar harus dilakukan. Untuk itu perlu kesiapan Anda untuk bisa terjun sepenuh hati di dalamnya. Memilih salah satu sarana berorganisasi yang tepat di kampus memang tidaklah mudah. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, diantaranya adalah:

  • Bicarakan dengan orang tua.

Sebelum kita bisa berorganisasi dengan baik, sebaiknya meminta ijin dari orang tua untuk bergabung dengan organisasi kampus yang ingin kita geluti. Orang tua memberi kita amanah untuk belajar dengan baik di bangku perkuliahan, untuk itu setiap ada kegiatan baru yang kita ikuti sebaiknya mempertimbangkan ijin dari orang tua. Kebanyakan orang tua akan mendukung kegiatan anak mereka di kampus selama tidak mengganggu aktivitas belajar dan memiliki dampak positif.

  • Pilih yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Meskipun berorganisasi bisa dijadikan saran untuk menambah ilmu ya g di dapat selama masa perkuliahan, namun sebaiknya Anda memilih berorganisasi di kegiatan yang bisa meningkatkan potensi diri yang Anda miliki. Sehingga kedepannya Anda bisa menyesuaikan diri dengan baik dan terus berkembang.

  • Pilih yang sesuai dengan hobi Anda.

Semua yang dijalankan sesuai dengan hobi akan terasa lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan berorganisasi di kegiatan kampus yang tidak disukai. Untuk itu sangat penting memilih berorganisasi dengan mempertimbangkan hobi Anda.

  • Pilih yang bisa menunjang perkuliahan yang Anda jalani.

Anda juga bisa mempertimbangkan organisasi yang sesuai dengan jurusan perkuliahan yang sedang Anda jalani saat ini. Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi akan sangat tepat berorganisasi di bidang yang sama dengan jurusannya, misalnya pers mahasiswa kampus, radio kampus, dlsb sehingga akan sangat menunjang kemampuannya dalam hal berkomunikasi terutama untuk public speaking.

Simak juga Aktif Berorganisasi Membuat Mahasiswa Lebih Mudah Untuk Menyampaikan Pendapat

  • Jangan dikarenakan ikut-ikutan teman.

Kebanyakan mahasiswa yang ikut berorganisasi dikarenakan mengikuti teman-temannya. Hal ini boleh-boleh saja asalkan memang sesuai dengan passion-nya. Namun jika tidak sesuai, bisa jadi Anda akan tersiksa dengan banyaknya tuntutan kegiatan yang harus dijalankan selama berorganisasi. Tentu Anda tidak mau bukan hal ini terjadi. Untuk itu perlu pertimbangan yang matang sebelum Anda mengikuti kegiatan berorganisasi yang diikuti teman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *