Tips Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anda

Tips Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anda

Berolahraga atau aktivitas kebugaran fisik memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya tidak semua aktivitas kebugaran fisik bagus dijalankan oleh masing-masing individu. Olahraga yang baik adalah yang bisa membuat Anda bahagia, sehat, dan bisa dilakukan secara rutin dalam jangka waktu yang panjang menurut ahli physiotherapy Brett Money. Untuk itu Anda perlu mencari jenis aktivitas kebugaran fisik yang bisa Anda jalankan dengan nyaman dan bagus untuk kesehatan tubuh.

Tips Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anda

Beberapa aktivitas kebugaran fisik yang bisa Anda pilih diantaranya ada lari, jogging, senam, berenang, sepak bola, philates, dan masih banyak lagi. Sebelum memilih yang tepat untuk dijalankan, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Berikut ini diantaranya:

  • Pilih olahraga yang sesuai dengan umur dan resikonya.

Demi memenuhi tuntutan kesehatan serta keselamatan, sebaiknya Anda memperhatikan jenis aktivitas kebugaran fisik yang ingin dijalankan, terlebih jika Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu, seperti jantung, darah tinggi yang perlu konsultasi dokter agar Anda mendapatkan manfaat kesehatan namun juga terhindar dari resiko fatal yang ingin dihindari.

  • Pilih yang mudah untuk aksesnya.

Anda bisa menentukan jadwal aktivitas kebugaran fisik yang ingin dilakukan, sebelum berangkat bekerja atau setelah pulang dari bekerja. Jika akses pusat kebugaran di lingkungan Anda sangat dekat dengan tempat Anda bekerja, Anda bisa melakukan kegiatan berolahraga tanpa harus lama-lama menempuh perjalanan sehingga akan lebih efisien waktu dan juga tenaga.

  • Perhitungkan waktu untuk menjalankannya.

Durasi juga sangat perlu Anda pertimbangkan selama berolahraga. Berolahraga lebih dari satu atau dua jam tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda yang lain. Untuk itu sebaiknya Anda membuat durasi waktu berolahraga yang tidak perlu lama, misalnya 30 menit namun dilakukan secara rutin setiap harinya.

  • Mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

Jika Anda sudah mendaftarkan diri di pusat kebugaran tubuh dan membayar setiap bulannya, cara bijak yang harus Anda lakukan adalah dengan tidak menyia-nyiakan uang yang telah Anda bayarkan. Jangan membuang uang secara percuma dengan sering absen latihan dan bermalas-malasan.

  • Mencari sisi kesenangan dari aktivitas kebugaran fisik yang Anda lakukan.

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena umumnya jika Anda menikmati olahraga yang Anda jalani, maka Anda akan lebih konsisten dalam menjalankannya. Begitu juga jika Anda sering mengeluh dengan aktivitas kebugaran fisik yang Anda jalankan, maka bisa dipastikan Anda akan cepat menyerah dan tidak bertahan lama.

Simak Juga Kaum Wanita Wajib Mencoba Olahraga Jenis Ini Agar Badan Menjadi Lebih Langsing

  • Melibatkan komunitas.

Bergabung dengan suatu komunitas akan sangat mendorong semangat berolahraga Anda karena suasana latihan menjadi lebih menyenangkan bersama teman-teman yang memiliki minat berolahraga yang sama. Anda bisa mengikuti komunitas yang sedang tren namun tentu saja disesuaikan dengan minat Anda terlebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *