Topik yang Sering Menjadi Penyebab Demonstrasi

Topik yang Sering Menjadi Penyebab Demonstrasi

Demonstrasi merupakan istilah yang berasal dari Yunani Kuno yaitu demos dan kratos. Demo sendiri sering dilakukan dalam berbagai hal atau event dan biasanya digunakan untuk menyuarakan pendapat rakyat mengenai suatu isu yang sedang terjadi. Baik itu isu di dalam negeri ataupun untuk menyuarakan dukungan secara internasional. Ada banyak masalah atau topik yang sering diangkat ketika demo yang dilakukan. Banyak yang dilakukan secara damai tetapi juga tidak jarang hal tersebut berakhir secara rusuh karena biasanya ada penyusup yang sengaja masuk ke dalam massa atau pada demonstran merasa tersulut sehingga rusuh. Hal tersebut masih menjadi bahan perdebatan yang masih bisa untuk ajang diskusi. Topik yang biasanya di suarakan ketika demo sendiri ada banyak sekali contohnya, misalnya beberapa topik seperti berikut ini:

Topik yang Sering Menjadi Penyebab Demonstrasi

  • Mengkritik peraturan pemerintah

Topik yang sangat umum menjadi tema demo para demonstran adalah untuk mengkritik peraturan pemerintah. Ada banyak contoh dari kasus ini terutama pada peraturan yang akan berdampak langsung pada masyarakat. Misalnya demo harga BBM yang naik, demo mengenai naiknya harga tarif listrik, demo mengenai peraturan kebebasan berpendapat, dan banyak isu lainnya yang sering diangkat untuk menjadi tema demo masyarakat. Demo yang satu ini akan bermanfaat karena dapat untuk menyuarakan kritik kepada pemerintah dan juga menunjukkan gejala dan pendapat masyarakat.

  • Buruh

Masalah yang menjadi topik hangat untuk demonstrasi adalah mengenai nasib buruh. Dimana setiap tanggal 1 Mei ketika hari Buruh sendiri para buruh akan turun ke jalan dan menyuarakan pendapat mereka untuk menuntut haknya. Seperti misalnya kenaikan gaji yang akan dapat untuk membuat hidup lebih baik dan memenuhi kebutuhan, kontrak kerja, dan juga beberapa isu lainnya antara para buruh dan juga perusahaan. Sehingga para buruh akan lebih aman dan dihargai dalam pekerjaannya dan merasa tidak dieksploitasi.

  • Agama

Di Indonesia, hal ini menjadi salah satu hal yang sering menjadi masalah dan bola panas untuk debat. Dimana hal tersebut akan berakhir pada demo besar-besaran apabila massa bergerak untuk menyuarakan pendapat mereka. Contohnya saja kasus 212 yang dilakukan untuk mengkritik Ahok yang dianggap melecehkan agama. Sehingga hal ini menjadi isu yang sangat sensitif untuk masyarakat di Indonesia yang fanatik dalam membela agamanya

Baca juga Kebiasaan Tidak Baik Dari Mahasiswa Zaman Sekarang Yang Bikin Geleng Kepala

  • Kasus sosial

Dan hal lainnya yang sering menjadi tema panas dalam demonstrasi adalah kasus sosial terutama yang belum selesai. Misalnya saja sampai sekarang banyak kasus yang tidak terselesaikan di Indonesia yang menjadi tema menarik untuk demo. Seperti misalnya kasus pembunuhan Ketua Komnas HAM Munir yang sampai sekarang belum selesai. Kasus penghilangan aktivis 1998, dan banyak kasus HAM lainnya yang belum diselesaikan di Indonesia.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *