Awas! 4 Kebiasaan Ini, Bukan Gaya Hidup Sehat!

Awas! 4 Kebiasaan Ini, Bukan Gaya Hidup Sehat!

Kesehatan tubuh adalah hal yang perlu kita perhatikan. Karena, dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan. Untuk menjaga kesehatan, gaya hidup sehat perlu diterapkan dalam kehidupan kita. Pada dasarnya menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang sulit, tetapi yang menjadi persoalan adalah memunculkan kesadaran diri untuk melakukannya. Nah, supaya Anda tahu kebiasaan buruk apa yang perlu Anda hindari? Yuk, simak beberapa kebiasaan buruk berikut ini:

Awas! 4 Kebiasaan Ini, Bukan Gaya Hidup Sehat!

 

Sering Begadang Sampai Larut Malam

 

Idealnya jam tidur manusia adalah sekitar pukul sembilan malam atau pukul sepuluh malam. Namun, untuk sebagian orang tertidur hingga larut malam. Berbagai macam alasan orang untuk tidur larut malam. Entah itu karena masih melakukan pekerjaan, atau melakukan aktivitas yang dianggap kurang penting. Kebanyak orang menganggap begadang tidak mempunya dampak buruk. Tetapi, nyatanya begadang malam itu cepat atau lambat akan mempengaruhi kesehatan kita. Ada beberapa dampak kesehatan akibat sering begadang yang memicu penyakit, diantaranya:

 

Obesitas

 

Obesitas diakibatkan karena terganggunya system metabolism tubuh kita. Lemak jahat dalam tubuh akan lebih mudah tersimpan sehingga membuat tubuh menjadi gemuk.

 

Sakit Kepala

 

Bangun tidur terlalu siang yang diakibatkan karena begadang biasanya akan menimbulkan sakit kepala. Hal ini adalah dampak kurang tidur, sehingga lambat laun bagian sel-sel otak akan mengalami beberapa masalah akibat tubuh tidak beristirahat dengan cukup.

Penyakit Jantung

Tidur terlalu larut malam juga bisa memicu sesorang terkena penyakit jantung.

Penyakit Diabetes

Hormon dalam tubuh yang terganggu keseimbangannya akibat begadang, jika terjadi terus menerus dilakukan dikhawatirkan lebih rentan terkena penyakit diabetes.

 

Meminum Minuman Beralkohol

 

Mungkin, untuk sebagian orang yang hidup di kota atau luar negeri, meminum minuman beralkohol sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dihindari. Namun, minuman yang mengandung alkohol sangat tidak disarankan masuk ke dalam tubuh manusia. Selain dilarang oleh agama, ternyata menyimpan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Alkohol yang masuk dalam tubuh dapat merusak organ dalam kita. Misalnya, dapat mengakibatkan kerusakan hati, jantung, dan lain-lain.

Baca Juga  Tips Hidup Sehat: Mulailah Berhenti Merokok Lewat Cara Ini!

 

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung MSG (Monosodium Glutamate)

 

Memang sulit memilih makanan yang tidak mengandung MSG di zaman sekarang ini. Kebanyakan makanan olahan yang kita beli, rata-rata mengandung MSG. Biasanya terdapat pada bumbu makanan seperti: keripik, junkfood atau makanan warteg sekalipun. Mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG beresiko mengalami kerusakan pada kulit dan meningkatnya detak jantung Anda.

Sering Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Gaya hidup buruk yang terakhir adalah sering mengkonsumsi makanan berlemak. Makanan yang mengandung lemak, terutama lemak jahat tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Apalagi jika dikonsumsi malam hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *