Tips Hidup Sehat: Mulailah Berhenti Merokok Lewat Cara Ini!

Tips Hidup Sehat Mulailah Berhenti Merokok Lewat Cara Ini!

Agar bebas dari penyakit atau setidaknya meminimalkan resiko terjangkit penyakit baik yang ringan hingga yang berat, maka Anda harus menjalankan hidup sehat. Dari tips hidup sehat yang tidak hanya diperoleh di internet dan buku namun juga dari orang sekitar termasuk dokter, maka Anda harus berhenti merokok dan menjauhi makanan dan minuman yang beralkohol. Akan tetapi, bagi sebagian orang, berhenti merokok tidak semudah yang dikatakan apalagi jika sudah kecanduan. Untuk berhenti merokok Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Tips Hidup Sehat Mulailah Berhenti Merokok Lewat Cara Ini!

Pertama adalah dengan kuatkan niat lebih dahulu. Anda tidak bisa melakukan sesuatu dengan maksimal, jika Anda tidak berniat atau memulai dari diri Anda sendiri. Niat yang Anda yakini tersebut bisa membantu untuk mengendalikan diri Anda sendiri agar tidak merokok terutama jika Anda sedang stress dan butuh pengalihan untuk membuat badan dan pikiran Anda menjadi rileks. Anda bisa meminta bantuan dari teman atau keluarga Anda untuk membantu mengendalikan diri jika Anda merasa ingin merokok.

Kedua adalah mengganti nikotin dengan permen karet. Biasanya, orang yang merokok akan terbiasa menghirup atau merasakan sesuatu di mulutnya sehingga jika tidak merokok, di bagian mulut akan terasa asam atau pahit. Tips hidup sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyiapkan permen karet dan sebaiknya yang minimal gula. Berdasarkan pada pendekatan sains untuk berhenti merokok dari Lembaga Kesehatan Nasional, terapi untuk berhenti merokok dapat mempergunakan permen karet karena jenis makanan tersebut mampu untuk mengurangi gejala penarian diri dengan cara memberikan Anda sedikit kandungan nikotin. Secara perlahan bisa mengurangi batas konsumsi nikotin untuk berhenti merokok secara total.

Ketiga adalah catat hal yang positif setelah Anda berhenti merokok. Cara ini dilakukan untuk memberikan kepuasan diri terhadap pencapaian yang Anda lakukan dan dalam hal ini adalah berhenti merokok sehingga bisa menjadi motivasi tersendiri agar Anda melakukan lebih, misalnya berhenti merokok secara total. Keempat adalah rutin untuk sikat gigi sehingga mulut menjadi terasa lebih segar dan bisa membantu Anda untuk mengurangi dan berhenti merokok karena sayang untuk mengotori mulut dengan asap rokok dan tar ataupun nikotin.

Baca Juga Tips Hidup Sehat Mudah Dan Sederhana Yang Bisa Anda Praktekkan

Cara lainnya untuk berhenti merokok sebagai langkah awal menerapkan tips hidup sehat yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Menghindari alkohol karena berdasarkan studi jika rokok dan alkohol berkaitan erat sehingga jika Anda ingin berhenti merokok maka hentikan juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Konseling dan pengobatan seperti menggunakan obat dari dokter. Cara ini dilakukan untuk Anda yang sudah termasuk perokok aktif berat dan ingin berhenti secara total agar tidak semakin merusak tubuh. Konseling bisa dilakukan dengan ahli atau dengan orang terdekat Anda.
  • Meditasi misalnya dengan melakukan Integrative Body-Mind Training sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *