Ingin Liburan Ke Bali? Jangan Lupakan Pantangan Berikut Ini!

Ingin Liburan Ke Bali Jangan Lupakan Pantangan Berikut Ini!

Bali merupakan destinasi yang paling banyak dipilih tidak hanya oleh wisatawan dalam negeri namun juga wisatawan dari luar negeri. Sebelum Anda melakukan liburan ke Bali, Anda harus menyiapkan persiapan seperti barang apa saja yang akan Anda bawa nantinya, tiket dan buku panduan terutama jika Anda baru pertama kali ke Bali. Selain itu, Anda juga harus mengetahui larangan apa saja yang berlaku di Bali agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Ingin Liburan Ke Bali Jangan Lupakan Pantangan Berikut Ini!

Pertama adalah perhatikan kapan Anda akan berlibur. Hindari untuk berlibur di saat mendekati nyepi. Hal ini disebabkan saat nyepi, Bali akan benar-benar sepi dan tidak boleh ada kegaduhan serta kendaraan yang hanya boleh lewat adalah ambulance. Bila dilanggar maka akan dikenakan sanksi adat sesuai awig desa adat pakraman yang bersangkutan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berlibur di Bali ketika nyepi, diantaranya:

  • Dilarang keluar penginapan dan hanya boleh keluar di lingkungan hotel.
  • Dilarang berisik misalnya menyalakan musik terlalu keras.
  • Gunakan penerangan terbatas dan jangan nyalakan lampu balkon.

Kedua adalah tidak boleh menyentuh, menginjak ataupun melangkahi sesajen. Di Bali karena sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Hindu, maka tidak heran jika Anda mendapati pura dan juga sesajen yang ditempatkan di tempat tertentu misalnya di sekitar hotel. Sesajen tidak hanya ditempatkan di tempat seperti hotel ataupun Pura namun juga di tempat umum seperti pasar dan bahkan di rumah. Karena hal tersebut, jangan merusak sesajen ataupun melangkahi karena Anda bisa mendapatkan masalah dan liburan ke Bali Anda menjadi rusak.

Ketiga adalah tidak boleh ke Pura saat sedang menstruasi. Di Bali, bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk tidak hanya datang ke Pura namun juga saat cuntaka lain misalnya ada keluarga yang meninggal. Diyakini jika hal tersebut baik saat sedang menstruasi atau sedang cutaka (sebel) dan masuk ke dalam area pura, maka ada hal buruk yang akan terjadi.

Baca Juga Destinasi Liburan Di Bandung Yang Dapat Memanjakan Mata

Larangan lainnya yang harus Anda ketahui sebelum Anda melakukan liburan ke Bali diantaranya adalah:

  • Tidak boleh mengenakan pakaian yang tidak sopan saat memasuki wilayah pura. Anda harus menggunakan kain atau kemben dan selendang yang diikatkan di pinggang untuk kesopanan.
  • Dilarang untuk berbuat onar, tidak bisa beretika baik dan berbicara kasar di kawasan tempat suci misalnya di Pura.
  • Tidak boleh mengumpat ataupun membunyikan klason berulang kali ketika macet dan kala itu sedang ada prosesi upacara keagamaan misalnya saat ngaben atau melasti.
  • Hindari menggunakan flash kamera ketika memotret orang yang sedang sembahyang.
  • Dilarang duduk di tempat yang lebih tinggi dari tempat sesajen dan tempat pendeta.
  • Dilarang memegang kepala orang Bali.
  • Saat menunjuk sesuatu, hindari menggunakan tangan kiri atau dengan kaki. Jikapun terpaksa, ucapkan maaf terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *