Tips Diet Tanpa Harus Menderita dengan Hasil Maksimal

Mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan ramping pasti sangat diinginkan oleh siapa pun, terutama wanita. Tuntutan penampilan terkadang membuat sebagian dari wanita untuk melakukan diet. Sayangnya tidak sedikit yang kurang paham tentang cara diet tanpa harus menyiksa diri dan malah menerapkan tips diet dari berbagai sumber secara asal-asalan. Alih-alih berat badan berkurang malah bertambah. Diet yang salah juga bias berimbas menimbulkan penyakit seperti maag, bulimia, tipus, dll.

Diet yang benar bukan berarti harus tidak makan seharian atau mengurangi porsi makan dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi lebih pada menerapkan pola makan sehat yang teratur. Bagi yang ingin melakukan program diet, coba simak beberapa tips berikut ini.

  • Menikmati setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Diet bukan berarti memakan makanan yang tidak disukai. Cobalah untuk selalu menikmati setiap menu diet yang dikonsumsi. Saat makan usahakan jangan terburu-buru. Untuk itu makanlah secara perlahan-lahan karena kan membuat kita merasa lebih kenyang. Makan terburu-buru secara tidak sadar akan membuat kita kalap dengan jumlah makan yang banyak.

  • Tidak perlu takut untuk makan.

Bagi yang menjalankan diet, jangan takut untuk sesering mungkin. Hal ini memang lebih disarankan daripada diet dengan tidak makan seharian penuh tetapi makan dalam porsi yang besar di satu waktu. Tetapi perlu diingat, makan sesering mungkin disini dengan catatan porsi yang dimakan sedikit dan bervariasi, seperti buah-buahan yang di selang-seling.

  • Jangan mengabaikan sarapan.

Mengabaikan waktu makan terutama sarapan tidak akan menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Melewatkan sarapan hanya kan berdampak pada keinginan untuk makan banyak di jam makan siang. Kebiasaan menskip sarapan juga beresiko mengalami kenaikan obesitas hingga 4x lebih tinggi dibandingkan yang tidak melewatkan sarapan.

  • Perbanyak minum air putih.

Tips diet yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan bukan?. Air putih sangat baik untuk memperlancar metabolism tubuh. Kekurangan air pada tubuh dan mengalami dehidrasi akan menghambat pembakaran kalori serta lemak dalam tubuh. Usahakan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari terutama setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan serat.

Makanan berserat akan membuat perut lebih kenyang dalam waktu yang lama. Jenis makanan berserat bias kita temukan pada buah-buahan, sayur-sayuran dan agar-agar. Makanan berserat juga baik untuk tubuh terutama untuk melancarkan pencernaan.

  • Mengganti jenis nasi putih menjadi nasi merah.

Sama-sama nasi, akan tetapi nasi merah mengandung banyak serat serta nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, mineral, fosfor, minyak esensial, magnesium, kalium yang mana bersifat mengenyangkan dibandingkan nasi putih. Selain itu nasi merah mengandung antosianin yang berperan sebagai antioksidan.

Itu tadi beberapa tips diet yang bias diterapkan. Akan tetapi ada baiknya sebelum melakukan program diet, berkonsultasi langsung pada dokter ahli gizi, karena setiap orang memiliki jumlah kebutuhan akan kalori bagi tubuh yang berbeda-beda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *