Tips Libur Murah untuk Mahasiswa dengan Liburan dalam Kota dan Rumah Kos Sendiri

Libur telah tiba, saatnya kembali ke kampung halaman. Bertemu sanak keluarga yang sudah lama berjumpa. Liburan adalah waktu untuk bersua satu sama lain. Namun, tidak semua liburan mahasiswa dapat kembali ke daerah asalnya. Alasan karena masih memiliki beban kuliah dan tugas dari dosen adalah alasan utama sehingga banyak yang menghabiskan waktunya di kota perantauan dan rumah kos masing-masing. Mahasiswa dapat memanfaatkan waktu liburannya tanpa mengeluarkan biaya yang besar dengan tips libur murah.

Bagi mahasiswa yang sedang di kota perantauan dan tidak pulang ke kampung halaman saat liburan, maka liburan di kota tersebut dapat menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan saat masa-masa kuliah biasanya waktu main selalu dihabiskan di mall atau tempat makan hits. Oleh karena itu ada beberapa rekomendasi liburan saat berada di kota perantauan yaitu:

  • Mengunjungi tempat wisata yang berada dalam kota itu sendiri seperti museum, pantai, maskot kota tersebut, wisata yang sedang hits. Wisata-wisata tersebut dapat dijangkau kendaraan bermotor sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
  • Mengunjungi tempat wisata di daerah kota yang bertetangga dengan tempat tinggal saat ini. Biasanya jarak yang ditempuh tidak terlalu lama sekitar 1-3 jam dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal karena tidak perlu menginap dan tidak perlu makan di tempat wisata.

Libur murah ini dapat dijadikan waktu menyenangkan bagi mahasiswa yang masih berada di perantauan. Waktu tempuh wisata dalam kota cukup beragam namun biasanya 1-2 jam dan tidak membutuhkan BBM yang terlalu banyak, selain itu juga karena sudah mengetahui karakteristik wilayah tersebut tentunya akan memilih tempat singgah atau tempat makan yang sesuai dengan kantong mahasiswa sehingga biaya akan jauh lebih irit. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah mengujungi tempat wisata di kota perantauan sendiri membuat seseorang lebih mengenal wilayah yang di tinggali selama masa kuliah.

Sedangkan bagi mahasiswa yang ingin libur di rumah kos sendiri, ada banyak cara untuk mengisi waktu libur yang dapat dijadikan liburan mandiri diantaranya:

  • Baca buku yang belum sempat dibaca dan membereskan buku-buku pada rak buku yang tidak terurus selama kuliah.
  • Merapikan kamar kos.
  • Mencoba memasak menu masakan baru.
  • Nonton film atau acara-acara tv ataupun video-video kesukaan yang selama ini tertunda karena tugas kuliah yang menumpuk.
  • Membuat kreatifitas seperti menulis.

Libur murah di rumah sendiri tentunya menyenangkan. Hal ini dapat dijadikan me time untuk sejenak terlepas dari segala hiruk-pikuk yang membebani. Setelah mengetahui kedua tips liburan ala mahasiswa ini dapat dicoba. Nantinya dapat mengajak sanak keluarga berlibur karena sudah terlebih dulu mengenali tempat itu dan liburan di kos dapat membuat kita lebih kreatif untuk melakukan sesuatu yang positif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *