Tips Kesehatan Mata untuk Cegah Penyakit Mata Sejak Dini

Di zaman serba canggih ini, gadget merupakan sebuah barang yang tidak pernah lepas dari genggaman umat manusia yang memilikinya. Bahkan anak kecil saja sudah menggunakannya untuk bermain dan belajar. Namun yang menjadi masalah adalah gadget memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata, itulah mengapa zaman sekarang ini pengguna kacamata semakin bertambah bahkan anak kecil sudah memiliki penyakit mata yang mewajibkan penggunaannya. Terlepas dari penyakit mata yang sudah ada, alangkah mencegah penyakit mata sejak dini dengan tips kesehatan mata.

Untuk mencegah penyakit mata dapat dilakukan beberapa hal yang umumnya biasa dilakukan untuk mencegah penyakit mata diantaranya:

  • Konsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin A, C, dan E, Omega 3, Zinc. Konsumsi sayur wortel juga sangat penting untuk mencegah penyakit mata.
  • Gunakan kacamata saat berhadapan dengan sinar matahari, biasanya kacamata hitam supaya sinar matahari tidak langsung mengenai mata. Gunakan juga kacamata anti radiasi bagi orang sering berhadapan dengan komputer.
  • Saat berada di depan komputer terlalu lama usahakan ambil waktu jeda untuk mengalihkan perhatian mata supaya cahaya yang masuk ke mata tetap stabil.
  • Jangan terlalu sering menggunakan tetes mata karena tidak terlalu baik bagi mata terkecuali jika kondisi mata sedang merah.
  • Hindari penggunaan kontak lensa karena dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

Tips kesehatan mata diatas merupakan langkah awal untuk mencegah dan menyadari pentingnya menjaga mata dari penyakit mata. Menghindari sejak dini akan membuat mata jauh lebih baik dalam melihat. Selain itu, jangan menggunakan kacamata yang digunakan oleh penderita penyakit mata minus dan plus karena akan menyebabkan mata terganggu dan terlihat kabur. Selain itu akan membuat mata menjadi ketergantungan terhadap kacamata yang digunakan. Kesalahan yang tidak sengaja akan membuat penyakit mata permanen dan hal ini bukanlah keinginan seseorang untuk menderita sakit mata.

Selanjutnya untuk mencegah penyakit mata perlu menggunakan tips-tips berikut:

  • Usahakan jarak antar mata dan buku adalah 30cm.
  • Jangan membaca buku dengan posisi tidur.
  • Saat membaca usahakan pencahayaan yang cukup, jangan terlalu redup karena akan membuat mata terganggu.
  • Apabila mata sedang terasa gatal, hindari untuk menguceknya karena dapat menimbulkan luka didalam mata.
  • Saat sedang menonton TV berada dalam jarak 2 meter dan memiliki pelindung layar berwarna gelap yang dapat mengurangi radiasi langsung ke mata.

Tips kesehatan mata ini diharapkan dilakukan sejak dini. Pengetahuan akan cara-cara seperti ini akan membantu anak kecil untuk menggunakan kacamata dan menjaga kesehatan mata orang dewasa sekalipun. Penyakit mata yang tak bisa dihindari adalah disaat memasuki umur lansia, pada saat umur ini organ tubuh memiliki fungsi yang mulai berkurang terutama mata. Sehingga akan sangat wajar bila mulai menggunakan kacamata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *