4 Dampak Berbahaya Pergaulan Hidup Bebas Bagi Remaja

Sebagian banyak penyakit masyarakat sekarang ini disebabkan oleh kalangan remaja, hidup bebas yang tidak terarah menyebabkan mereka terjerat dengan berbagai macam masalah yang dibawa hingga usia dewasa nantinya. Memang bukan hal yang baru lagi jika sekarang ini hampir 50% remaja yang ada di dunia memiliki masalah dengan pergaulan mereka, karena tidak dikontrol orang tuanya atau memang salah dalam memilih teman sehingga hal ini berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jiwa bahkan juga kesehatan tubuh mereka. Terlalu terjangkit dengan penyakit sosial dampaknya memang sangat buruk.

Ada kalanya memang setiap orang menginginkan untuk hidup bebas tidak berada dalam kekangan. Namun kebebasan yang diberikan bukan berarti membuat mereka harus melakukan sesuatu sesukanya, tetap ada pengawasan yang diberikan dan juga batasan-batasan yang bisa membuat diri menjadi jauh lebih aman. Pengaruh kebebasan dalam hidup dimana kontrolnya tak lagi dibatasi bisa menjadi penyebab beberapa macam masalah sosial, diantaranya adalah:

  1. Hamil di luar nikah, kondisi semacam ini mungkin sudah biasa di negara-negara barat, namun tidak di Indonesia, hal ini masih menjadi sesuatu yang sangat tabu. Apalagi sebagian banyak diantaranya adalah orang-orang beragama dan memang ada larangan berhubungan sebelum menikah, angka kelahiran jadi kian meningkat, bahkan juga angka putus sekolah disebabkan oleh hal tersebut.
  2. Maraknya pengguna narkoba, masalah yang patut menjadi perhatian besar, bahkan tak hanya bagi para orang tua, melainkan juga pemerintah adalah kasus pemakaian obat-obatan terlarang ini. Di negara manapun narkoba menjadi hal yang sangat dilarang, karena akibatnya tidak kepada dirinya sendiri melakukan orang-orang yang ada di sekitarnya.
  3. Meningkatkan penyandang AIDS, HIV AIDS merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan narkoba dengan jarum suntik. Bahkan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini penyandang penyakit ini bukan hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak, akibat kehamilan dari penderita AIDS maupun disebabkan oleh penularan dari orang-orang yang ada di sekitarnya tanpa terdeteksi.
  4. Angka kejahatan yang semakin tinggi, dampak jangka panjang yang juga dapat dialami dengan adanya hal tersebut adalah angka kejahatan yang kian melonjak nilainya. Hal ini disebabkan oleh tingkat pengangguran yang kian tinggi, putus sekolah di usia muda karena pergaulan bebas salah satu faktornya, kemudian merambah kepada kondisi sosial ekonomi yang mau tak mau menyebabkan mereka harus melakukan hal-hal kriminal untuk menyambung hidup.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini salah satunya adalah dengan membatasi hidup bebas. Mulai dari orang tua yang harus ikut serta dalam mengurus buah hatinya agar terhindar dari hal-hal tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *