Dampak Buruk Cuaca Ekstrim Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Seperti yang diketahui bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini iklim berubah dengan sangat cepat, bahkan banyak yang menamakannya sebagai cuaca ekstrim, hal ini secara tak langsung agaknya juga mulai merubah penampakan yang ada di bumi, es-es yang ada di kutub sebagian besar mulai mencair, hal ini menyebabkan permukaan air laut menjadi lebih tinggi, dampak buruk nya adalah sebagian banyak pulau mulai tenggelam. Bahkan jika dilihat sebagian besar kawasan yang ada di bumi juga mulai menyempit. Jika dibiarkan secara terus menerus tentunya dalam kurun waktu beberapa ratus tahun kemudian maka daratan akan tenggelam, tak ada tempat bagi manusia untuk hidup.

Hal ini tak lain sebenarnya adalah ulah dari manusia sendiri, pemanasan global tak akan terjadi jika manusia bisa menjaga buminya dengan baik, mulai dari penghijauan, kemudian juga membatasi penggunaan bahan kimia pencemar udara, hingga efek rumah kaca bagi bumi, keberadaan cuaca ekstrim tak hanya sekali dua kali terjadi, melainkan hampir setiap tahun, hal ini tak hanya membawa pengaruh atau dampak buruk di bumi saja, melainkan juga kesehatan manusia, diantaranya adalah:

Baca juga: Inilah Beberapa Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Tidak Menjaga Kebersihan

  1. Mengancam suplay makanan bagi manusia, dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi sekarang ini sulit untuk menanam berbagai macam jenis kebutuhan pokok, seperti diantaranya adalah padi, hal ini tentunya menjadi ancaman dari segi sumber pangan karena banyak diantaranya yang mati dan tak bisa hidup kembali.
  2. Menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, jangan salah karena alam memiliki pengaruh yang sangat besar akan beberapa jenis penyakit berbahaya yang menyerang manusia karena dengan lapisan ozon yang kian menipis dan temperatur ekstrim ini bisa menganggu masalah pernapasan manusia.
  3. Polusi udara juga akan memperparah kondisi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan paru-paru, misalnya saja adalah penyakit asma yang akan memburuk atau kumat ketika sudah menghirup udara yang kurang bersih.
  4. Lebih banyak CO2 atau karbondioksida yang tersebar di udara dibandingkan dengan oksigen, hal ini juga mengancam keberadaan protein yang didapatkan dari tumbuhan atau protein nabati, karena produksinya menjadi kian sedikit di dalam sumber pangan.
  5. Berbahaya bagi ibu hamil dan keselamatan bayinya, kondisi cuaca ekstrim juga mempengaruhi persebaran polutan dalam negeri, hal ini membuat wanita hamil menjadi lebih rentan keguguran, begitu juga dengan kelahiran bayi cacat.
  6. Membuat berbagai macam penyakit baru muncul dan menyerang manusia, khususnya yang berhubungan dengan air, karena mulai tersebar bakteri ataupun virus baru yang belum ada vaksin dan juga obat pencegahannya.

Waspadai dampak buruk cuaca ekstrim tersebut dan pastikan untuk mulai ikut serta dalam melakukan perubahan pada bumi agar lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *