Cara Menghindarkan Anak dengan Bahaya Pergaulan Hidup Bebas

Setiap orang pastinya menginginkan hidup bebas, tidak berada di dalam sebuah tekanan dan yang lainnya. Namun ada kalanya kehidupan yang sudah bebas tersebut berdampak kurang baik, apalagi jika dikaitkan dengan pergaulan atau sosialisasi dengan orang yang lainnya. Pastinya banyak yang sudah menjumpai hal ini, dimana ada kondisi yang dinamakan sebagai hamil di luar nikah, kemudian yang paling berbahaya adalah terjerat dengan obat-obatan terlarang hingga terkadang menyebabkan seseorang tersebut menderita penyakit berbahaya, seperti AIDS.

Kondisi semacam ini tentunya sudah tak lagi masuk dalam kategori normal, melainkan sebagai sebuah penyakit masyarakat yang harus dihindari, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak di usia remaja, usia-usia paling rentan terhadap penyakit masyarakat biasanya adalah 15 tahun keatas, karena banyak yang sudah tak lagi ingin mendapatkan pengawasan dari orang tuanya, sehingga tak jarang salah dalam bergaul.

Untuk menghindari hidup bebas yang berdampak buruk kepada kehidupan buah hati kedepannya, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Ajak anak untuk menghabiskan waktu luangnya bersama dengan keluarga melakukan hal-hal positif, salah satu yang menyebabkan mereka terjerat kasus berbahaya semacam ini adalah karena waktu luang dihabiskan sendiri, tanpa arahan dari orang tua, untuk itu pastikan setiap saat Anda ada untuk menemani, contohnya adalah dengan cara mengajak mereka jalan-jalan atau travelling bersama.
  2. Jangan menekan mereka dengan prestasi, setiap orang tua pastinya ingin memiliki buah hati yang cerdas, namun jangan sampai hal tersebut justru membebani mereka, menyuruh ikut berbagai macam les, memang ada baiknya, namun di satu sisi juga sangat rentan membuat mereka menjadi stress dan melarikan diri pada hal-hal terlarang.
  3. Ada kalanya berkata tidak untuk pergaulan yang salah, memang sebagai orang tua tidak baik membatasi pertemanan mereka, hanya saja ada kalanya Anda juga harus menolak pergaulan jika teman yang dimiliki membawa pengaruh yang buruk kepada buah hati. Tak ada salahnya untuk mengecek latar belakang teman-teman mereka, bukan dari segi finansial, melainkan terhadap pergaulannya.
  4. Mengenalkan anak terhadap bahaya pergaulan bebas, sedini mungkin berilah mereka wawasan atau pengetahuan yang lebih terhadap pergaulan bebas dan juga dampak yang bisa didapatkan nantinya, hal ini nyatanya sangat penting untuk membuat buah hati takut dan tidak dekat-dekat dengan hal-hal berbahaya tersebut.

Hidup bebas boleh-boleh saja dilakukan, namun jangan sampai kebablasan dan menjurus kepada hal-hal yang berbahaya. Peran orang tua adalah sangat penting untuk menghindarkan buah hati pada hal ini, mulailah dari mengintrospeksi diri sendiri apakah secara tidak sadar Anda mengajarkan hal-hal yang kurang baik kepada mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *