Gunakan Sosial Media Secara Cerdas dengan 4 Tips Ini!

Nyaris semua orang kini memiliki akun di salah satu maupun beberapa sosial media untuk kebutuhan bersosialisasi melalui internet. Jenis dari media sosial ini cukup banyak dan beberapa cocok dijadikan pilihan untuk menemukan teman lama maupun teman baru melalui dunia maya. Menariknya lagi ada banyak kegiatan positif bisa dilakukan melalui media sosial ini, sehingga tidak melulu membagikan status sedih dan mengubah media ini sebagai media curhat. Padahal ada banyak cara bisa ditempuh untuk menyulap media sosial agar memberikan segudang manfaat.

Tips Cerdas Menggunakan Media Sosial

Agar tidak menjadi sosok yang merugi dengan perkembangan internet yang semakin canggih, maka cerdaslah dalam menggunakan akun Anda di jejaring sosial. Beberapa tips berikut bisa menjadi sumber inspirasi yang menguntungkan:

Baca juga: Simak Beberapa Keuntungan Dari Berbisnis Melalui Sosial Media

  • Selektif dalam memilih teman,

Teman di jejaring sosial memang perlu disaring dengan seksama sebab salah-salah meng-approve akun tak dikenal bisa berbuntut masalah. Misalnya pelecehan seksual, korban penipuan, dan lain sebagainya sehingga baiknya memilih teman yang memang dikenal. Bisa pula menambah teman dari akun teman yang Anda kenal sebelumnya, sehingga bebas gangguan.

  • Berbagi foto secara wajar,

Menggunakan sosial media atau jejaring sosial terasa kurang lengkap kalau tidak berbagi foto baik melalui foto profil maupun lainnya. Berbagi foto memang wajar namun akan menjadi tidak wajar kalau foto tersebut malah membuat Anda menjadi bahan kontroversi. Maka pilih foto yang wajar sebab bijak dalam memilih foto yang akan dibagikan secara umum memberikan jaminan keamanan jangka panjang. Sebab yang namanya internet tentu akan sulit menghapus foto yang sudah pernah diupload, maka berhati-hatilah.

  • Hindari kemungkinan berdebat di jejaring sosial,

Zaman sekarang sepertinya generasi muda lebih sering memakai akun palsu untuk menjadi haters bagi beberapa kalangan. Tindakan ini tentu bukanlah tindakan pintar dan cocok untuk ditiru sebab jejaring sosial baiknya dipakai secara positif bukannya menebar kebencian dan mencari musuh. Baiknya Anda menghindari perdebatan yang terjadi di akun diri sendiri maupun orang lain supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius. Akan lebih menguntungkan kalau akun Anda digunakan untuk berbisnis, tentunya bisnis yang halal.

  • Pikir masak-masak sebelum update status,

Status apapun yang rencananya akan Anda bagikan, baik berupa kata-kata maupun sekaligus menyertainya dengan foto. Maka baiknya dipikir masak-masak dulu adakah manfaat maupun resiko yang akan ditanggung atas tindakan tersebut. Status yang Anda pasang pun baiknya teliti agar tidak menyakiti siapapun, sebab di zaman digital seperti sekarang sesuatu yang baik bisa menjadi buruk dan yang buruk semakin buruk. Maka jangan sembarangan menggunakan sosial media yang Anda miliki agar ke depannya tidak merasa menyesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *