5 Tanda Kesehatan Tubuh Agar Selalu Terjaga dengan Baik

Ada kalanya ketika musim berganti maka tubuh akan mudah terserang penyakit, namun jangan khawatir selama itu hanya penyakit ringan seperti diantaranya adalah demam ataupun flu dan batuk, karena mudah untuk mengatasinya. Justru akan berbahaya jika penyakit yang menyerang adalah jenis-jenis penyakit berbahaya, seperti diantaranya adalah jantung, kanker dan sebaiknya, jenis penyakit yang umumnya tidak terdeteksi sejak dini. Sehingga Anda mulai sadar kesehatan tubuh terganggu ketika sudah memasuki fase yang parah.

Karena tidak ada yang tau kapan penyakit datang menyerang, maka ada baiknya untuk melakukan langkah pencegahan mulai dari sekarang ini. Seperti diantaranya adalah dengan mengkonsepkan gaya hidup sehat. Bukan hal yang sulit untuk dilakukan sebenarnya, jika sudah menjadi kebiasaan, misalnya adalah dengan berolahraga secara teratur, kemudian menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh dan pastikan juga untuk rutin dalam melakukan check up atau pemeriksaan kesehatan, untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit yang menyerang.

Ada beberapa tanda kesehatan tubuh terjaga dengan baik, diantaranya adalah:

  1. Rambut sehat dan juga tebal, sebenarnya bukan tolak ukur utama, mengingat ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang juga memiliki rambut tipis, diantaranya adalah genetik, seseorang yang lahir dari orang tua dengan rambut yang tipis kemungkinan besar akan berambut tipis juga. Namun rambut yang kuat dan tak mudah rontok mengindikasikan kehidupan yang sehat.
  2. Kuku kuat, kuku juga menjadi tolak ukur kesehatan, apalagi hal-hal yang berhubungan dengan organ dalam bisa dilihat dari kuku, kuku yang kuat dan berwarna putih agak kemerahan mengindikasikan kondisi tubuh yang sehat pula. Sedangkan kuku yang bergaris, berwarna tidak rata hingga rapuh adalah kondisi awal sebuah penyakit menyerang.
  3. Gigi dan gusi yang sehat, gigi yang kuat adalah tanda kesehatan terjaga dengan baik, begitu juga dengan gusi, umumnya gusi berwarna merah dan tak sering mengalami luka, seperti sariawan menunjukkan kesehatan jantung, sebaliknya jika bagian rongga mulut khusus gusi mudah sariawan atau terluka, sebenarnya kondisi jantung sedang tidak baik.
  4. BMI, BMI adalah indeks massa tubuh, hal ini bisa didapatkan dengan melakukan pengukuran berat badan dan juga tinggi, apakah hasilnya seimbang, di bawah normal atau bahkan di atas normal, jika ukurannya normal maka Anda harus mempertahankannya, karena ini menandakan kesehatan yang terjaga dengan baik.
  5. Pola makan yang bagus, ada kalanya Anda mengalami masalah dengan nafsu makan, atau sebaliknya nafsu makan yang berlebihan, ini adalah kondisi yang patut untuk diwaspadai, karena bisa jadi awal sebuah penyakit.

Beberapa hal tersebut menunjukkan bahwa kesehatan tubuh terjaga dengan baik, sehingga tanpa melakukan pengecekan bisa dilihat sendiri tanda-tandanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *