Tips Sehat di Usia 50an Tahun, Jaga Fungsi Tubuh dan Otak

Rata-rata usia manusia saat ini memang tak lebih dari angka 40 tahun, banyak faktor yang menyebabkan mereka tak bisa hidup hingga usia tua, salah satu diantaranya adalah karena pola hidup yang tidak sehat selama masih muda, sehingga jelang tua membuat mereka rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan, salah satu diantaranya adalah penyakit jantung dan juga stroke yang mudah merenggut usia. Hanya saja juga masih ada yang bisa bertahan hingga jenjang usia 70 sampai 80 tahun, pastinya mereka mengaplikasikan tips sehat hingga bisa mencapai usia tersebut.

Umumnya menginjak usia 50an tahun sudah banyak diantaranya yang bisa bergerak dari atas ranjang, karena penyakit yang mulai menggerogoti, meskipun pada beberapa orang memang ada yang masih sehat dan juga bugar, bahkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari pada umumnya mereka juga masih kuat. Sehingga tak perlu khawatir, jika Anda mengaplikasikan tips sehat di usia 50an ini, maka meskipun usia senja sudah di depan mata, namun tubuh tetap akan bugar, diantaranya adalah:

  1. Jalan kaki, biasakan untuk olahraga di pagi hari, karena tubuh sudah tak memungkinkan melakukan olahraga berat, maka lakukan yang ringan-ringan saja, seperti diantaranya adalah dengan jalan kaki. Apalagi bagi wanita hal ini bagus untuk memperkuat kesehatan tulang agar tak sampai terkena osteoporosis.
  2. Mengkonsumsi sayur dan buah dan kurangi karbohidrat, kenyataannya memasuki usia senja memang metabolisme tubuh tak sebagus ketika masih muda dulu, untuk itu asupan karbohidrat sudah harus dikurangi, jika bisa ganti secara keseluruhan dengan menggunakan sayur dan juga buah-buahan. Hal ini efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Cukup istirahat, siklus tidur pastinya sudah mulai berubah, mereka yang sudah memasuki jenjang usia tersebut mulai kesulitan dalam tidur atau istirahat secara nyenyak, untuk itu ada baiknya guna mencukupi kebutuhan istirahat. Khususnya ada di dalam hari, jika bisa hindari tidur siang agar di malam hari bisa tidur secara lebih nyenyak.
  4. Rutin melakukan check up, memeriksakan kesehatan juga masuk dalam hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena bagaimanapun dengan melihat catatan medis ini Anda akan tau kondisi seperti apa yang terjadi pada tubuh dan solusi untuk menghindarinya, contohnya adalah gula darah yang kian meningkat, maka langkah terbaik adalah dengan mengatur pola makan, agar tak berefek pada diabetes melitus.
  5. Jaga kekuatan otak, agar tak mudah lupa atau bahkan terkena penyakit Alzheimer maka tetap gunakan otak, salah satunya adalah untuk bermain catur, atau menjawab teka-teki silang. Hal ini akan menjaga daya tahan otak.

Tentunya untuk bisa hidup sehat hingga usia tersebut dimulai dari sekarang, aplikasikan tips sehat sejak usia remaja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *