5 Manfaat Menakjubkan Menjalankan Hidup Sederhana

Setiap orang memang terlahir membawa rezeki yang berbeda-beda, ada yang sudah dilimpahi dengan harga yang banyak, namun tak sedikit pula diantaranya yang hidup serba pas-pasan artinya tidak berlebihan. Hanya saja jarang diantara manusia yang bisa mensyukuri apa yang sudah didapatkan. Bahkan ada jauh lebih banyak diantaranya yang memiliki kecenderungan kurang dengan apa yang sudah diterima. Tidak bisa hidup sederhana dan senantiasa mencari apa-apa untuk membantu dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

Bukan hal yang salah untuk dilakukan, asalkan dijalankan dengan cara yang tepat. Karena Tuhan sendiri juga sudah menggariskan kehidupan tak akan bisa diubah, tapa adanya usaha dari orang tersebut untuk mengubahnya sendiri. Namun di satu sisi ternyata dengan hidup sederhana juga memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  1. Membuat hidup menjadi jauh lebih tenang, orang-orang yang ikhlas menerima apa yang sudah digariskan pada dasarnya tidak akan berangan-angan lebih, atau berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, bahkan melakukan cara-cara yang tidak baik. Hidup apa adanya membuat Anda menemukan ketenangan dalam diri.
  2. Menjadi jauh lebih sehat, patut untuk diketahui bahwa mereka yang mengkonsepkan diri dengan kehidupan yang mewah, pastinya memiliki lebih banyak keinginan untuk melakukan segala sesuatunya, begitu juga dengan adanya tekanan mendapatkan keuangan lebih. Hal ini sangat rawan memicu berbagai macam masalah kesehatan.
  3. Tidak mudah terlilit hutang, hidup sebagaimana mestinya sesuai dengan kemampuan memiliki keuntungan lain adalah terbiasa menggunakan uang secara baik, sebagaimana mestinya, sehingga hal ini membuat diri mereka tak akan mudah terjerat masalah hutang. Baik itu hutang yang sifatnya tetap maupun produktif.
  4. Tetap mampu mencukupi kehidupan sehari-hari apapun kondisinya, keuntungan lain adalah karena selalu merasa puas dengan apa yang didapatkan, maka mereka tak akan merasa kurang dalam kondisi keuangan seperti apapun, entah itu keuangan yang melimpah maupun serba kekurangan, tidak akan mengurangi rasa syukur mereka terhadap apa yang diberikan. Sehingga apapun kebutuhan untuk hidup tetap terpenuhi.
  5. Membuat hidup menjadi lebih bahagia, orang-orang yang selalu merasa kekurangan akan menghalalkan cara apapun untuk bisa mendapatkan kekayaan, hal ini membuat hidupnya menjadi tidak bahagia, meskipun pada dasarnya telah mencapai kesuksesan atau kekayaan. Namun dengan mengkonsepkan kesederhanaan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Hidup sederhana ini juga dianjurkan dalam Al-quran untuk bisa mendapatkan usia yang lebih panjang juga bahagia di dunia akhirat, namun tidak dilarang ketika mereka ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya, tentunya dengan berusaha sekeras mungkin, namun jangan sampai terbawa arus untuk memiliki perilaku yang hedonisme, konsep sederhana harus selalu dipegang apapun kondisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *